Rancang Bangun Alat Pencacah Batang Pisang Menjadi Bahan Baku Pembuatan Pupuk Organik

  • iwi koebanu(1*)
    universitas nusa cendana
  • Yeremias M Pell(2)
  • Erich U.K. Maliwemu(3)
    Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian yang telah dilaksanakan adalah tentang “rancang bangun alat pencacah batang pisang menjadi bahan baku pembuatan pupuk organik. Tujuan penelitian ini adalah merancang bangun mesin pencacah batang pisang yang dapat mempersingkat waktu proses pencacahan dibandingkan proses pencacahan manual, untuk digunakan sebagai bahan baku pembuatan pupuk organik yang diharapkan dapat membantu masyarakat pertanian, untuk mempermudah proses produksi pencacahan batang pisang yang bisa jadi bahan untuk pupuk dengan waktu yang lebih singkat dan tenaga yang lebih efisien, dapat meningkatkan produksi pertanian baik kualitas maupun kuantitas, meningkatkan kualitas lahan secara berkelanjutan dan dapat mencegah degradasi lahan dan dapat menekan biaya operasional daripada harus membeli pupuk kimia yang relative mahal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode rancang bangun. Hasil penelitian menunjukan rancang bangun alat pencacah batang pisang menjadi bahan baku  pupuk organik yang dirancang dan diujicoba telah berfungsi secara baik sesuai dengan hasil rancangan. Dari hasil pengujian kinerja mesin pencacah batang pisang ini memperlihatkan bahwa mesin beroperasi dengan sangat baik dalam mencacah batang pisang, dengan hasil cacahan ± 5-11 mm dan kapasitas pencacahanya adalah 98 kg/jam. Semua komponen dari mesin pencacah batang pisang ini bekerja dengan baik sesuai fungsi komponen masing-masing.

Kata Kunci: Rancang Bangun, Pencacah Batang Pisang, Pupuk Organik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Eko Armanto, Akhmad, Widyanis. Penelitian tentang Rancang bangun Mesin Pencacah dengan Kapasitas 25 kg/jam.
[2] Prihatman. K . (2000), February). Pertanian TTG Budidaya. Jurnal Tanaman Pisang. 1 / 3. Retrieved from.
https://distan.jogjaprov.go.id/wp-content/download/buah/pisang.pdf.
[3] Echo, P. (2021). Media Tanam dari Batang Pisang, Manfaat dan Cara Pembuatannya. fpp.umko.
[4] Fitiani, Linna.dkk 2019. Pengaruh Pupuk Organik Cair Batang Pohon Pisang Kepok Tehadap Pertumbuhan Dan Produktivitas Tiga Jenis Tanaman Sawi. Jurnal Biosilampari. 1(1).
[5] Alfianita, S., Sari,W. M. (2018) Pemanfaatan Batang Pohon Pisang Sebagai Pupuk Organik Cair Dengan Aktivator EM4 Dan Lama Fermentasi. Teknik Kimia Tedc,12(2)133-138.
[6] Manis, I, dkk. 2017. Pemanfaatan Limbah Kulit Pisang Sebagi Pupuk Organik Cair Dan Aplikasinya Terhadap Pertumbuhan Tanaman kangkung darat.
[7] Manullang, H. (2019). Rancang Bangun Mesin Pencacah Batang Pisang Untuk Pakan Ternak Dengan Kecepatan Putar 550 RPM dan 900 RPM dan daya 7 HP.
[8] Rohmaln, A., Wahid, M. A., Utami, S, W., & Usfah, A. (2019, desember).
Rancang Bangun Mesin Pencacah Gedebog Pisang Untuk Meningkatkan Produksi Pakan Ternak Kambing Dengan Sistem Fermentasi Dikelurahan Sumberejo. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Retrived from https://core.alc/uk/download/pdf/276549080.
[9] Sagajoka, E., Nona, R. V., dan Antonia, Y. N. (2021). Peningkata Eonomi Masyarakat Desa Borani Melalui Inovasi Pengolahan Keripik Batang Pisang (BAPIS). Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat 136-143. doi:https//doi.org/10.37478/abdia.vi41257.
[10] Hanafie, A., Fadhi, & Syahruddin, I. (2016, april). Rancang bangun alat pencacah rumput untuk pakan ternak. ILTEK. Retrieved from http://journal-uim- makasar.alc.id/index.php/ILTEK/article/view/403/360.
[11] Ariansyah, M. (2016). Rancang Bangun Mesin Pencacah Batang Pisang Untu Bahan Baku Paan Ternak.
[12] Sularso. (2004). Dasar perencanaan dan pemilihan elemen mesin Kyokatsu Suga. Jakarta.
[13] Afrizal, Muhammad. 2019. Rancang Bangun Aalat Pencacah Sampah Organik Menggunakan Motor Bensin Sebagai Penggerak, Jurnal Teknologi Pertanian Universitas Muhamad Mataram.
[14] Yudistira, Mangunsong dan Sandra Melly. 2009. Rekayasa Alat Pencacah dan Pengaduk Bahan Baku Pada Proses Pembuatan Pupuk Organik Dalam Upaya Meningkatan Kapasitas dan Mutu Produksi.
[15] A. Hendaryanto, "Pembuatan Mesin Pencacah Sampah Organik Untuk Swadaya Pupuk di Desa Tancep Kecamatan Ngawen Kabupaten Gunungkidul," Jurnal Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat, 2018.
[16] Rohman, Wahid, Utami, & Usfah, (2019). Dengan Judul Rancang Bangun Alat Pencacah Gedebong Pisang.
[17] Rivo Agastia (2018) dengan judul Rancang Bangun Mesin Pencacah Pohon Pisang Untuk Pembuatan Briket.
[18] M Surya Dinata dan Tedi Prasetia (2022) dengan judul Rancang Bangun Mesin Pencacah Pohon Pisang.

PlumX Metrics

Published
2022-12-19
How to Cite
koebanu, iwi, Pell, Y., & Maliwemu, E. (2022). Rancang Bangun Alat Pencacah Batang Pisang Menjadi Bahan Baku Pembuatan Pupuk Organik. LONTAR Jurnal Teknik Mesin Undana, 9(02), 87-90. https://doi.org/10.35508/ljtmu.v9i02.9333
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.