Karakteristik Pembakaran Premixed dari Campuran FAME (Fatty Acid Methyl Ester) dan Solar Murni

  • Dominggus G. H. Adoe(1)
    Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana
  • Piter Talo(2)
    Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana
  • Jack C.A. Pah(3*)
    Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana
  • Adi Y. Tobe(4)
    Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana
  • Defmit B.N. Riwu(5)
    Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan solar murni ke dalam FAME (Fatty Acid Methyl Ester) pada proses pembakaran premixed, terhadap perubahan temperatur api dan warna nyala api. Percobaan dilakukan dengan membakar campuran minyak FAME  dan minyak solar murni, dengan persentasi FAME dan solar murni sebesar 70%:30%, 80%:20%, 90%:10%, dan 95%:5%. Hasil pengujian pembakaram premixed dari campuran ini kemudian diamati warna nyala apinya dengan bantuan camera digital dan temperatur nyala apinya pada 2 titik, yang mana diukur secara langsung dengan menggunakan termokopel. Equivalence ratio pada pembakaran ini dihitung untuk semua komposisi campuran FAME dan minyak solar. Dari data hasil penelitian dan analisis, dapati bahwa semakin kecil equivalence ratio maka temperatur api akan meningkat. Hal ini terjadi karena udara yang ditambahkan dalam proses pembakaran tercampur sempurna dengan bahan bakar, sehingga kalor yang dihasilkan semakin besar dan juga temperatur semakin meningkat. Selain itu juga dapat terlihat bahwa temperatur pada titik 1 lebih tinggi dari pada titik 2. Hal ini menunjukkan bahwa titik 1 merupakan zona pembakaran akhir, dimana bahan bakar telah terbakar habis. Warna nyala api juga akan menjadi semakin biru ketika equivalence ratio semakin kecil.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1]. Wardana, ING, 2008. Bahan Bakar dan Teknologi Pembakaran. Malang : PT. Danar Wijaya Brawijaya University Press.
[2]. PT. PERTAMINA (PERSERO), 2014. Bahan Bakar Minyak.
[3]. Syamsul Bahri La Muhaya, I.N.G. Wardana, Denny Widhiyanuriyawan, 2015. Pembakaran Premixed Minyak Nabati pada Bunsen Burner Type Silinder. Teknik Mesin Universitas Brawijaya Malang.
[4]. Anggara Dharma P, I.N.G. Wardana, Nurkholis Hamidi, 2013. Pengaruh Variasi Equivalent Ratio Terhadap Karakteristik Api Pembakaran Premixed Minyak Jarak Pada Burner. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Brawijaya.
[5]. Riwu, Defmit B. N, 2016. Kecepatan Pembakaran Premixed Campuran Minyak Jarak – Liquefied Petroleum Gas (LPG) Pada Circular Tube Burner, Jurnal Rekayasa Mesin Vol. 7, No. 2 Tahun 2016 : 41 – 47.

PlumX Metrics

Published
2022-12-19
How to Cite
Adoe, D., Talo, P., Pah, J., Tobe, A., & Riwu, D. (2022). Karakteristik Pembakaran Premixed dari Campuran FAME (Fatty Acid Methyl Ester) dan Solar Murni. LONTAR Jurnal Teknik Mesin Undana, 9(02), 47-52. https://doi.org/10.35508/ljtmu.v9i02.9375
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.