Peer Approach in Improving Handwashing Behavior Using Soap in Elementary Students
Abstract
The behavior of washing hands with soap must be instilled early in school-age children, considering that children are generally more prone to disease. Children from an early age will be more likely to adopt clean and healthy behavior, including washing hands, as they are sensitive to stimuli; therefore, children will be easy to guide and direct. The behavior of handwashing with soap can be introduced through a peer approach. The study aimed to analyze the effect of the peer approach in improving the behavior of washing hands with soap students at SD Negeri Tenau Kupang. The method used in this research was a pre-experimental research design with one group pretest-posttest design. The sample consisted of 39 students from class V. The results showed a mean difference in the knowledge with 80.65 before treatment (pre-test) and 95.81 at post-test. Handwashing behavior also differed from before and after treatment for 22.59% and 64.51%, respectively. The school can use the method to educate and train elementary school children to practice handwashing with soap.
Downloads
References
Priyoto. Perubahan Dalam Perilaku Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu; 2015.
Fitriani D. Pengaruh Edukasi Sebaya terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Agregat Anak Usia Sekolah yang Beresiko Kecacingan di Desa Baru Kecamatan Manggar Belitung Timur [Internet]. Fakultas Ilmu Keperawatan; 2011. Tersedia pada: http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20280655-T Dianita Fitriani.pdf
BPS Kota Kupang. Kota Kupang Dalam Angka 2020. Kupang: BPS Kota Kupang; 2020.
Puskesmas Alak. Data Dari Puskesmas Alak Tahun 2020 Rekapitulasi Diare di Puskesmas dan Jejaringnya. Kupang: Puskesmas Alak; 2020.
Kartika M, Widagdo L, Sugihantono A. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Sambiroto 01 Kota Semarang. J Kesehat Masy [Internet]. 2016;4(5):339–46. Tersedia pada: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm/article/view/14626
Nugraheni H, Widjanarko B, Cahyo K. Praktek Cuci Tangan Pakai Sabun di Sekolah pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Semarang. J Promosi Kesehat Indones [Internet]. 2010;5(2). Tersedia pada: https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jpki/article/view/18694
Afandi AT, Indarwati R, Hadisuyatmana. Pengaruh Peer Group Support terhadap Perilaku Jajanan Sehat Siswa Kelas 5 SDN Ajung 2 Kalisat Jember. Indones J Community Heal Nurs [Internet]. 2012;1(1):10–8. Tersedia pada:
https://e-journal.unair.ac.id/IJCHN/article/view/11885
Berliana N, Pradana E. Hubungan Peran Orangtua, Pengaruh Teman Sebaya dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. J Endur [Internet]. 2016;1(2):75–80. Tersedia pada: http://ejournal.lldikti10.id/index.php/endurance/article/view/984
Safitri IN. Peer Group Support dengan Perilaku Memilih Jajanan pada Anak Usia Sekolah [Internet]. Vol. 16, Nursing Journal of STIKES Cendekia Medika Jombang. Sekolah Tingggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Medika; 2018. Tersedia pada: http://repo.stikesicme-jbg.ac.id/1440/
Sibarani ER, Riyadi A, Lestari W. Edukasi Melalui Peer Grup Berpengaruh terhadap Pengetahuan dan Sikap tentang Personal Hygiene. J Media Kesehat [Internet]. 2019;11(2):1–8. Tersedia pada:
https://jurnal.poltekkes-kemenkes-bengkulu.ac.id/index.php/jmk/article/view/365
Afriyani LD, Veftisia V, Salafas E. Efektivitas Pendidikan Sebaya terhadap Peningkatan Pengetahuan Perubahan dan Perawatan Genetalia Remaja pada Siswi Putri di SDN 1 Langensari. Indones J Midwifery [Internet]. 2019;2(1):53–7. Tersedia pada: http://jurnal.unw.ac.id/index.php/ijm/article/view/170
Hurlock EB. Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta: Erlangga; 2009.
Notoatmodjo S. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta; 2010.
Maimun DN, Dupai L, Erawan PEM. Pengaruh Kesmas Cilik dalam Meningkatkan Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Murid Kelas V Sekolah Dasar Negeri 12 Poasia Kota Kendari Tahun 2016. Jimkesmas [Internet]. 2017;2(5):1–9. Tersedia pada: https://www.neliti.com/id/publications/185438/pengaruh-kesmas-cilik-dalam-meningkatkan-pengetahuan-sikap-dan-tindakan-perilaku
Negara M, Pawelloi E, Jelantik I, Arnawa G. Modul Pelatihan untuk Guru Pembina Kelompok Siswa Peduli AIDS dan Narkoba (KSPAN). Denpasar: Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Bali; 2006.
Kustriyani M, Wisyaningsih TS, Prasetyo A. Hubungan Peer Groupsupport Dengan Perilaku Memilih Jajanan Sehat Pada Anak Usia Sekolah di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Almukmin Prawoto Kota Pati [Internet]. Prosiding Seminar Nsional & Internasional UNIMUS. Program Studi Ilmu Keperawatan STIKes Widya Husada Semarang; 2017. Tersedia pada: https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/2314
Hidayah A, Nasution NH. Pengaruh Peer Group Health Education Terhadap Perilaku Personal Hygiene Siswa Sekolah Dasar. Educ J [Internet]. 2019;7(4):249–51. Tersedia pada: https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1408
Wahyuni SA, Mulyono S, Wiarsih W, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember D, Keperawatan Komunitas Fakultas Ilmu Keperawatan D. Peningkatan Perilaku Mencuci Tangan dengan Teknik Modeling pada Kelompok Anak Usia Sekolah. Indones J Heal Sci [Internet]. 2017;8(2):145–55. Tersedia pada: http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/TIJHS/article/view/868
Mukminah N, Istiarti V, Syamsulhuda. Faktor Faktor yang Berhubungan dengan Praktik Cuci Tangan Pakai Sabun pada Siswa SD di Wilayah Kerja Puskesmas Banyuurip Purworejo. J Kesehat Masy [Internet]. 2016;4(5):354–61. Tersedia pada: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm/article/view/14628
Widayanto. Keperawatan Komunitas dengan Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Sorowajan; 2014.
Copyright (c) 2023 Author
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.