Peer Approach in Improving Handwashing Behavior Using Soap in Elementary Students

  • Yanty Ariani Pau Djaka(1)
    Universitas Nusa Cendana
  • Petrus Romeo(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Helga J. N. Ndun(3*)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Students, Peers, Behavior, Washing Hands with Soap

Abstract

The behavior of washing hands with soap must be instilled early in school-age children, considering that children are generally more prone to disease. Children from an early age will be more likely to adopt clean and healthy behavior, including washing hands, as they are sensitive to stimuli; therefore, children will be easy to guide and direct. The behavior of handwashing with soap can be introduced through a peer approach. The study aimed to analyze the effect of the peer approach in improving the behavior of washing hands with soap students at SD Negeri Tenau Kupang. The method used in this research was a pre-experimental research design with one group pretest-posttest design. The sample consisted of 39 students from class V. The results showed a mean difference in the knowledge with 80.65 before treatment (pre-test) and 95.81 at post-test. Handwashing behavior also differed from before and after treatment for 22.59% and 64.51%, respectively. The school can use the method to educate and train elementary school children to practice handwashing with soap.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Priyoto. Perubahan Dalam Perilaku Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu; 2015.

Fitriani D. Pengaruh Edukasi Sebaya terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Agregat Anak Usia Sekolah yang Beresiko Kecacingan di Desa Baru Kecamatan Manggar Belitung Timur [Internet]. Fakultas Ilmu Keperawatan; 2011. Tersedia pada: http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20280655-T Dianita Fitriani.pdf

BPS Kota Kupang. Kota Kupang Dalam Angka 2020. Kupang: BPS Kota Kupang; 2020.

Puskesmas Alak. Data Dari Puskesmas Alak Tahun 2020 Rekapitulasi Diare di Puskesmas dan Jejaringnya. Kupang: Puskesmas Alak; 2020.

Kartika M, Widagdo L, Sugihantono A. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Sambiroto 01 Kota Semarang. J Kesehat Masy [Internet]. 2016;4(5):339–46. Tersedia pada: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm/article/view/14626

Nugraheni H, Widjanarko B, Cahyo K. Praktek Cuci Tangan Pakai Sabun di Sekolah pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Semarang. J Promosi Kesehat Indones [Internet]. 2010;5(2). Tersedia pada: https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jpki/article/view/18694

Afandi AT, Indarwati R, Hadisuyatmana. Pengaruh Peer Group Support terhadap Perilaku Jajanan Sehat Siswa Kelas 5 SDN Ajung 2 Kalisat Jember. Indones J Community Heal Nurs [Internet]. 2012;1(1):10–8. Tersedia pada:

https://e-journal.unair.ac.id/IJCHN/article/view/11885

Berliana N, Pradana E. Hubungan Peran Orangtua, Pengaruh Teman Sebaya dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. J Endur [Internet]. 2016;1(2):75–80. Tersedia pada: http://ejournal.lldikti10.id/index.php/endurance/article/view/984

Safitri IN. Peer Group Support dengan Perilaku Memilih Jajanan pada Anak Usia Sekolah [Internet]. Vol. 16, Nursing Journal of STIKES Cendekia Medika Jombang. Sekolah Tingggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Medika; 2018. Tersedia pada: http://repo.stikesicme-jbg.ac.id/1440/

Sibarani ER, Riyadi A, Lestari W. Edukasi Melalui Peer Grup Berpengaruh terhadap Pengetahuan dan Sikap tentang Personal Hygiene. J Media Kesehat [Internet]. 2019;11(2):1–8. Tersedia pada:

https://jurnal.poltekkes-kemenkes-bengkulu.ac.id/index.php/jmk/article/view/365

Afriyani LD, Veftisia V, Salafas E. Efektivitas Pendidikan Sebaya terhadap Peningkatan Pengetahuan Perubahan dan Perawatan Genetalia Remaja pada Siswi Putri di SDN 1 Langensari. Indones J Midwifery [Internet]. 2019;2(1):53–7. Tersedia pada: http://jurnal.unw.ac.id/index.php/ijm/article/view/170

Hurlock EB. Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta: Erlangga; 2009.

Notoatmodjo S. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta; 2010.

Maimun DN, Dupai L, Erawan PEM. Pengaruh Kesmas Cilik dalam Meningkatkan Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Murid Kelas V Sekolah Dasar Negeri 12 Poasia Kota Kendari Tahun 2016. Jimkesmas [Internet]. 2017;2(5):1–9. Tersedia pada: https://www.neliti.com/id/publications/185438/pengaruh-kesmas-cilik-dalam-meningkatkan-pengetahuan-sikap-dan-tindakan-perilaku

Negara M, Pawelloi E, Jelantik I, Arnawa G. Modul Pelatihan untuk Guru Pembina Kelompok Siswa Peduli AIDS dan Narkoba (KSPAN). Denpasar: Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Bali; 2006.

Kustriyani M, Wisyaningsih TS, Prasetyo A. Hubungan Peer Groupsupport Dengan Perilaku Memilih Jajanan Sehat Pada Anak Usia Sekolah di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Almukmin Prawoto Kota Pati [Internet]. Prosiding Seminar Nsional & Internasional UNIMUS. Program Studi Ilmu Keperawatan STIKes Widya Husada Semarang; 2017. Tersedia pada: https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/2314

Hidayah A, Nasution NH. Pengaruh Peer Group Health Education Terhadap Perilaku Personal Hygiene Siswa Sekolah Dasar. Educ J [Internet]. 2019;7(4):249–51. Tersedia pada: https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1408

Wahyuni SA, Mulyono S, Wiarsih W, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember D, Keperawatan Komunitas Fakultas Ilmu Keperawatan D. Peningkatan Perilaku Mencuci Tangan dengan Teknik Modeling pada Kelompok Anak Usia Sekolah. Indones J Heal Sci [Internet]. 2017;8(2):145–55. Tersedia pada: http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/TIJHS/article/view/868

Mukminah N, Istiarti V, Syamsulhuda. Faktor Faktor yang Berhubungan dengan Praktik Cuci Tangan Pakai Sabun pada Siswa SD di Wilayah Kerja Puskesmas Banyuurip Purworejo. J Kesehat Masy [Internet]. 2016;4(5):354–61. Tersedia pada: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm/article/view/14628

Widayanto. Keperawatan Komunitas dengan Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Sorowajan; 2014.

PlumX Metrics

Published
2023-12-01
How to Cite
Pau Djaka, Y., Romeo, P., & Ndun, H. (2023). Peer Approach in Improving Handwashing Behavior Using Soap in Elementary Students. Media Kesehatan Masyarakat, 5(3), 90-96. https://doi.org/10.35508/mkm.v5i3.6498

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.