PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP UNSUR KEBAHASAAN DALAM SURAT LAMARAN KERJA PADA SISWA KELAS XII MIA 4 SMAN 2 KEFAMENANU TAHUN PELAJARAN 2020/ 2021

  • Yuliana Sofia Ensi(1*)
    Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, SMAN 2 Kefamenanu
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Project-based learning, penguasaan konsep unsur kebahasaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan penguasaan konsep siswa tentang Unsur Kebahasaan pada mata pelajaran Bahasa Indoneisia melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas XII MIA4 SMAN 2 Kefamenanu yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan test. Teknik analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya peningkatan penguasaan konsep siswa dalam pembelajaran Bahasa Indoneia pada materi Unsur Kebahasaan. Hasil ini dapat dilihat dari perolehan indikator pencapaian penguasaan konsep. Indikator pencapaian penguasaan konsep siswa pada siklus akhir yaitu siklus II pada pertemuan I penguasaan mengajukan pertanyaan  yaitu 26 siswa atau 76,47%, pada pertemuan II meningkat menjadi 30 siswa atau 88,24%, penguasaan menyelesaikan soal-soal pada pertemuan I yaitu 25 siswa atau 73,53%, pada pertemuan II meningkat menjadi 28 siswa atau 82,35%, penguasaan membuat kesimpulan pada pertemuan I yaitu 24 siswa atau 70,59%, pada pertemuan II meningkat menjadi 27 siswa atau 79,41%. Rata-rata persentase penguasaan konsep siswa pada siklus II pertemuan I sebesar 73,53% dan pertemuan II sebesar 83,33%. Peneliti menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project-Based Learning dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa tentang Unsur Kebahasaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2023-04-18