Implementasi Modul Sejarah Lokal Berbasis Muatan Kearifan Lokal Masyarakat Kalimantan Barat Dalam Pembelajaran Sejarah Di Sekolah Menengah Atas
Abstract
Salah satu cara alternatif untuk mencapai tujuan pendidikan Indonesia adalah dengan mengimplementasi modul berbasis nilai-nilai karakter berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal. Implementasi bahan ajar berbasis nilai –nilai kearifan lokal ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran sejarah di kelas. Modul berbasis nilai-nilai kearifan lokal ini dirasa perlu karena berkaitan dapat menghadirkan pengalaman belajar sejarah yang lebih kontekstual dan bermakna. Implementasi modul pembelajaran sejarah lokal berbasis muatan kearifan lokal masyarakat Kalimantan Barat ini disajikan dalam bentuk digital, sebagai salah satu inovasi dalam menyikapi proses pembelajaran digital pada masa pandemic ini. Kemudahan dalam mengakses modul menjadi kelebihan dalam implementasi modul di lapangan. Keterbaharuan informasi mengenai sejarah lokal yang menjadi content utama di dalam modul ini ternyata dapat menarik minat peserta didik untuk mempelajari sejarah terutama sejarah lokal.