Pembelajaran Ips Sejarah Terintegrasi Narasi Perjuangan Bambang Ismoyo Untuk Siswa Sekolah Dasar (Studi Pada Sekolah Dasar Di Mempawah Kalimantan Barat)

  • Edwin Mirzacaherulsyah(1*)
    Universitas Tanjung Pura
  • Andang Firmansyah(2)
    Universitas Tanjung Pura
  • M. Rikaz Prabowo(3)
    Universitas Tanjung Pura
  • (*) Corresponding Author

Abstract

Nama Bambang Ismoyo (BI) hanya lekat sebagai sebuah nama jalan di sudut Kota Singkawang. Bahkan disebagian peserta didik sosok pejuang ini masih dianggap asing. Perjuangan BI sebagai salah satu komandan Badan Pemberontak Indonesia Kalimantan Barat dan anggota Lasykar Fisabillah yang merebut Bengkayang dari tangan Belanda pada 9 Oktober 1946 perlu menjadi frame dalam materi sejarah di sekolah utamanya tingkat sekolah dasar. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk (1) mengintegrasikan narasi perjuangan BI dalam pembelajaran IPS sejarah di sekolah dasar, (2) bagaimana guru melakukan refleksi atas narasi perjuangan BI bagi siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini adalah bahwa integrasi materi dilakukan oleh guru yakni dengan mentautkan narasi sejarah dan nilai perjuangan BI dengan materi yang ada di buku tematik untuk kelas VI, kedua guru telah melakukan refleksi seperti rela berkorban, cinta tanah air dan menumbuhkan jiwa patriotik pada materi yang telah terintegrasi narasi perjuangan BI.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2022-06-07
How to Cite
Mirzacaherulsyah, E., Firmansyah, A., & Prabowo, M. R. (2022). Pembelajaran Ips Sejarah Terintegrasi Narasi Perjuangan Bambang Ismoyo Untuk Siswa Sekolah Dasar (Studi Pada Sekolah Dasar Di Mempawah Kalimantan Barat). FLORESIENSIS, 1(1), 9-14. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/floresiensis/article/view/11108
Section
Articles