Tradisi Lisan Takanab Sebagai Wujud Identitas Masyarakat Dawan Di Desa Oelnaineno Kecamatan Takari Kabupaten Kupang
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan Tradisi Lisan Takanab sebagai identitas masyarakat Dawan di Desa Oelnaineno Kecamatan Takari Kabupaten Kupang, untuk mengetahui makna , nilai dan fungsi Tradisi Lisan Takanab sebagai wujud identitas masyarakat dawan di Desa Oelnaineno Kecamatan Takari Kabupaten Kupang. Teknik penentuan informan dilakukan dengan cara snowball sampling. Sumberdata yang digunaan adalah primer data sekunder. Teknik pengumpulan data adalah wawancaea, observasi dan studi dokumen. teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini bahwa (1) peoses pelaksanaan tradisi lisan takanab di Desa Oelnainenodilakukan dengan melalui tahap (a) tahap persiapan keluarga meminta ijin atau mengundang majelis ( tokoh agama), iman ( tokoh adat)dan keluarga yang bersangkutan untuk melakukan tradisi lisan Takana. Kemudian keluarga mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan dalam proses pelaksanaan tradisi lisan takanab seperti: oko mama (tempat siri,beserta siri pinang ( puah nok manus), hewan (muit), uang (noni). (b) tahap pelaksanaan setelah bahan dipersiapkan waktu pelaksanaan ditentukan maka tradisi lisan Takana akan segera dilaksanakan dengan beberapa cara yaitu:percakapan antara tua adat dan orang tua yang bersangkutan selanjutnya di buka dengan Doa. (c) tahap terakhir tahap dimana semua pelaksanaan tradisi lisan takanab sudah dilaksanakan dan selanjutnya mereka akan makan besama. (2) maknaada juga simbol-simboldalamtradisitersebutyaitu: tempatsiri(okomama,hewan(muit)dan uang (noni)dan siri pinang (puahnok manus), nilai dan fungsi yang terkandung dalam tradisi Lisan Takanab.(a) makna makna yang terkandung dalam tradisi lisan takanb yaitu dimaknai dalam sebuah aktivitas ritual atau adat bagi masyarakat dawan dalam relasi dengan alam dan para leluhur. (b) nilai antara lain nilai kejujuran, nilai musyawarah, nilaikebesamaan dan nilai religi (c) fungsi dari tradisi lisan takanab mereka sebagai malaikat pelindungbukan malikat maut dari anak cucutetapi mereka melindungi anak yang sudah diberi nama.
Downloads
References
Arikunto. 2006.Metode Pembelajaran :Jakarta
Banamtuan.2016. Pandangan Orang Timur Terhadap Alam Sekitar TerhadapTradisiTakanab
Nenobasu 2013 Anoutline Of Humanity. A Travel Back Into The Localcontex” Dalam Antropos
Chear .2002. Etika Lingkungan Hidup Jakarta : Penerbit Buku Kompas
Chear .2002. Etika Lingkungan Hidup Jakarta : Penerbit Buku Kompas
Djajasudarman 2008 “ Pendekatan Antropolinguistik Terhadap Kajian Tradisilisan” Dalam Retorika: Jurnal Ilmu Bahasa
Koentdaraningrat .2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Ineka Cipta. Jakarta
Koentdjaraningrat .2004. Sejarah Teori Antropologi.Jakarta: Universitas IndonesiaPerss
Maleong .2004. ‘The Ekologi Of Language Evolution. New York Camdridgeuniversity Press
Syani Abdul. 2014.Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung:Sinar Algensindo
Taum .2004. Kajian Semiotic: Godlob Damarto Dalam Prespektif Teew YogyakartaSanataDharma University