Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Siswa Kelas X IPS 2 SMA N Plus Kopi Colol
Abstract
Yustina Rita, NIM : 1701090095, menulis skripsi berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Siswa Kelas X IPS 2 SMAN Plus Kopi Colol” Dibimbing oleh, Bapak Susilo Setyo Utomo,S.Pd,M.,Pd. dan Bapak Flafius Selfianus Rato,S.Pd, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dalam pembelajaran sejarah siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri Plus Kopi Colol? 2) Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS 2 SMAN Plus Kopi Colol?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dalam pembelajaran sejarah siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri Plus Kopi Colol, 2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan Hasil belajar siswa kelas X di SMAN Plus Kopi Colol. Teknik pengumpulan data adalah: observasi, metode dokumentasi dan tes hasil belajar siswa. Pada siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 24 siswa dengan presentase 69%, sedangkan siswa yang belum sebanyak 11 orang dengan presentase 31%. Jumlah peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus I sebesar 29%. Aktivitas belajar siswa dan guru pada pelaksanaan siklus I juga mengalami peningkatan. Pada siklus II terdapat 35 orang siswa yang mencapai KKM dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 100% dibandingkan dengan jumlah siswa yang mencapai KKM pada siklus I yaitu sebesar 24 siswa dengan ketuntasan sebesar 67%, sedangkan pada siklus II semua siswa mencapai KKM yang telah ditentukan sebesar 75 peningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS 2 SMAN Plus Kopi Colol.
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Aman. 2011. Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta
Arikunto, S.2006. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Rineka Cipta
Prosedur Penelitian:Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta :Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaraan. Jakarta : PT Rineka Cipta . 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.Isjoni. 2007. Cooperative Learning.
Bandung : Alfabeta
Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Kokom Komalasari. 2013. Pembelajaran Kontekstual, konsep, dan Aplikasi.
Bandung: PT. Refika Aditama
Lie, Anita. 2005. Cooperative Learning (MEMPRAKTIKKAN Cooperative Learningdi ruang-ruan kelas). Jakarta : Gramedia
Muhibbin Syah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Bumi Aksara
Mulyono Abdurrahman, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar.
Jakarta: RinekaCipta.
Nana Sudjana dan Ibrahim. 2009. Penelitian dan Penilaian. Bandung : Sinar BaruAlgesindo Robert E, Slavina. 2008. Cooperative Learning Teori,Riset dan Praktik.
Bandung :Nusa Media
Rulam Ahmadi.2016. PengantarPendidikan: Asas dan Filsafat Pancasila.
Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Rusman. 2012. Seri Manajemen Sekolah Bermutu (MODEL-MODEL PEMBELAJARAN : Mengembangkan Profesionalisme Guru.
Jakarta : PT Remaja Rosdakarya. Salim. 2015. Penelitian Tindakan
Kelas”Teori dan Aplikasi Bagi Mahasiswa, Guru Mata Pelajaran Umum dan Pendidikan Agama Islam di Sekolah”. Medan : Perdana Publishing
Sapriya. 2009. Pendidikan IPS konsep dan Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya
Sardiman. 2012. “Pembelajaran Sejarah dan Pembangunan Karakter Bangsa”. Dalam Pendidikan Sejarah Untuk Manusia dan Kemanusiaan: Refleksi PerjalananKarir Akademik Prof. Dr. H. Said Hamid Hasan, MA. Jakarta : Bee Media Indonesia
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013.
Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta
: RinekaCipta
Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning. London : Allymand Bacon Sumadi Suryabrata. 2007. Psikologi Pendidikan.
Jakarta : PT Raja Grafindo Persada Susanto,
A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta