Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Siswa Kelas X IPS 2 SMA N Plus Kopi Colol

  • yustina rita yustina rita(1*)
    jurnal
  • Susilo Setyo Utomo(2)
    Dosen UNDANA
  • Flafius Selfianus Rato(3)
    Dosen UNDANA
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Pembelajaran Sejarah, Model Pembelajaran, Snowball Throwing, Hasil Belajar

Abstract

Yustina Rita, NIM : 1701090095, menulis skripsi berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Siswa Kelas X IPS 2 SMAN Plus Kopi Colol” Dibimbing oleh, Bapak Susilo Setyo Utomo,S.Pd,M.,Pd. dan Bapak Flafius Selfianus Rato,S.Pd, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dalam pembelajaran sejarah siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri Plus Kopi Colol? 2) Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS 2 SMAN Plus Kopi Colol?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dalam pembelajaran sejarah siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri Plus Kopi Colol, 2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan Hasil belajar siswa kelas X di SMAN Plus Kopi Colol. Teknik pengumpulan data adalah: observasi, metode dokumentasi dan tes hasil belajar siswa. Pada siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 24 siswa dengan presentase 69%, sedangkan siswa yang belum sebanyak 11 orang dengan presentase 31%. Jumlah peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus I sebesar 29%. Aktivitas belajar siswa dan guru pada pelaksanaan siklus I juga mengalami peningkatan. Pada siklus II terdapat 35 orang siswa yang mencapai KKM dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 100% dibandingkan dengan jumlah siswa yang mencapai KKM pada siklus I yaitu sebesar 24 siswa dengan ketuntasan sebesar 67%, sedangkan pada siklus II semua siswa mencapai KKM yang telah ditentukan sebesar 75 peningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS 2 SMAN Plus Kopi Colol.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Aman. 2011. Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta

Arikunto, S.2006. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Rineka Cipta

Prosedur Penelitian:Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta :Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaraan. Jakarta : PT Rineka Cipta . 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.Isjoni. 2007. Cooperative Learning.

Bandung : Alfabeta

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Kokom Komalasari. 2013. Pembelajaran Kontekstual, konsep, dan Aplikasi.

Bandung: PT. Refika Aditama

Lie, Anita. 2005. Cooperative Learning (MEMPRAKTIKKAN Cooperative Learningdi ruang-ruan kelas). Jakarta : Gramedia

Muhibbin Syah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Bumi Aksara

Mulyono Abdurrahman, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar.

Jakarta: RinekaCipta.

Nana Sudjana dan Ibrahim. 2009. Penelitian dan Penilaian. Bandung : Sinar BaruAlgesindo Robert E, Slavina. 2008. Cooperative Learning Teori,Riset dan Praktik.

Bandung :Nusa Media

Rulam Ahmadi.2016. PengantarPendidikan: Asas dan Filsafat Pancasila.

Yogyakarta : Ar-Ruzz Media

Rusman. 2012. Seri Manajemen Sekolah Bermutu (MODEL-MODEL PEMBELAJARAN : Mengembangkan Profesionalisme Guru.

Jakarta : PT Remaja Rosdakarya. Salim. 2015. Penelitian Tindakan

Kelas”Teori dan Aplikasi Bagi Mahasiswa, Guru Mata Pelajaran Umum dan Pendidikan Agama Islam di Sekolah”. Medan : Perdana Publishing

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS konsep dan Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya

Sardiman. 2012. “Pembelajaran Sejarah dan Pembangunan Karakter Bangsa”. Dalam Pendidikan Sejarah Untuk Manusia dan Kemanusiaan: Refleksi PerjalananKarir Akademik Prof. Dr. H. Said Hamid Hasan, MA. Jakarta : Bee Media Indonesia

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013.

Yogyakarta : Ar-Ruzz Media

Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta

: RinekaCipta

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning. London : Allymand Bacon Sumadi Suryabrata. 2007. Psikologi Pendidikan.

Jakarta : PT Raja Grafindo Persada Susanto,

A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta

PlumX Metrics

Published
2024-08-09
How to Cite
rita, yustina rita, Utomo, S. S., & Rato, F. S. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Siswa Kelas X IPS 2 SMA N Plus Kopi Colol. FLORESIENSIS, 1(2), 43-53. https://doi.org/10.35508/floresiensis.v1i2.14869
Section
Articles