Persepsi Masyarakat Suku Boti Terhadap Agama Dan Pendidikan Di Desa Boti Kecamatan Ki’e Kabupaten Timor Tengah Selatan

  • Serliani Mariani Solle(1*)
    jurnal
  • Malkisedek Taneo(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • I Gede Wayan Wisnuwardana(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan adat istiadat dengan masuknya agama dan Pendidikan di Desa Boti Kecamatan Ki’e Kabupaten Timor Tengah Selatan dan persepsi Masyarakat suku Boti terhadap agama dan Pendidikan di Desa Boti Kecamatan Ki’e Kabupaten Timor Tengah Selatan. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penentuan informan dilakukan secara snowball sampling. Teknik pengumpulan data: wawancara, observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data: Teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Masuknya agama dan pendidikan telah mengubah adat istiadat Masyarakat Suku Boti, membagi mereka menjadi dua kelompok: Boti Dalam dan Boti Luar. Boti Dalam masih setia pada adat istiadat, tanpa agama dan pendidikan formal, sementara Boti Luar menganut agama Kristen dan menerima pendidikan, serta mengikuti perkembangan zaman. (2) Persepsi Boti Dalam memandang agama leluhur sebagai pedoman hidup yang mengacu pada 9 hari yang diisi dengan larangan, di mana pelanggaran dapat menimbulkan malapetaka. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daymon & Holloway, (2008). Metode-metode Riset dalam Publications & marketing commonications. Bandung: Alumni.

Kountur, & Zuhri, (2018). Persepsi Masyarakat Pengguna Internet Terhadap Tutorial Hijab Tidak Syar’i Di Youtube. Dinamika Governance: Jurnal Ilmu Administrasi Negara.

Malkisedek Taneo & Aleksisus Madu (2023). Kearifan Lokal Kelender Tradisional Suku Boti di Kabupaten Timor Tengah Selatan. CV. Green Publisher Indonesia.

Ndoen, F. A., Utomo, S. S., Taneo, M., & Ande, A. (2002). Local Cultural Enculturation in the Education of Boti Tribe Children in Boti Village, KiE Sub-District South Central Timor District. Jurnal Scientia, 11 (02), 367-376
.
Semiawan (2010 Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian
Pendidikan, Pendekatan
kuantitatif,Kualitatif
dan R&D. Bandung: Alfabeta
_______. 2009. Metode Penelitian
Pendidikan, Pendekatan
kuantitatif,Kualitatif
dan R&D. Bandung: Alfabeta
_______. 2007. Metode Penelitian
Pendidikan, Pendekatan
kuantitatif,Kualitatif
dan R&D. Bandung: Alfabeta
────── (2015). Metode Penelitian Pendidika (pendekatan kualitatif dan R&D). Bandung. Alfatbeta.

────── (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung, Alfabeta.

Yuni, dalam Herzegovina, & Taufiqurrohman, (2022). Sistem Pelayanan Publik Sebagai Peningkatan Kepuasan Masyarakat. Idarotuna Journal of Administrative Science.

Yusuf dalam Amaliyah, (2014). Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Tentang Pentingnya Pemanfaatan Limbah Rajungan Guna Mendorong Perekonomian Di Era Covid-19.

PlumX Metrics

Published
2025-10-09
How to Cite
Solle, S., Taneo, M., & Wisnuwardana, I. G. (2025). Persepsi Masyarakat Suku Boti Terhadap Agama Dan Pendidikan Di Desa Boti Kecamatan Ki’e Kabupaten Timor Tengah Selatan. FLORESIENSIS, 4(1), 56-77. https://doi.org/10.35508/floresiensis.v4i1.17757
Section
Articles