ANALISIS PERANAN ALGORITMA ANGKA DAN KATA DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN PROBLEM-SOLVING MATEMATIKA PADA SISWA SATAP SMPN 6 KUPANG TENGAH
Abstract
Pembelajaran matematika pada umumnya tidak terlepas dari perhitungan, penyusunan pola/bentuk dan pemikiran logik matematik. Oleh sebab itu, metode pembelajarannya haruslah asyik dan menyenangkan. Hal ini merupakan tantangan bagi para pendidik pada umumnya dan guru sekolah menengah pertama khususnya agar memotivasi anak didik/siswa-siswinya untuk memiliki beberapa keahlian matematika. Keahlian matematika berupa aritmatika, algoritma angka maupun algoritma kata kata sangat penting saat menyelesaikan soal-soal matematika terlebih soal cerita atau soal yang membutuhkan daya nalar (logika) yang benar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki kesulitan siswa dalam kemampuan aritmatika, algoritma angka dan algoritma kata-kata saat menyelesaikan permasalahan (problem-solving) matematika dan menemukan metode pembelajaran matematika yang dapat membantu siswa SATAP SMPN 6 Kupang Tengah dalam menyelesaikan persoalan matematika berdasarkan atas aspek aritmatika, algoritma angka dan algoritma kata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kemampuan Algoritma kata dalam menyelesaikan persoalan matematika sangat dipengaruhi oleh kemampuan dalam menyelesaikan masalah non verbal (mampu berlogika), kemampuan algoritma angka dan memori jangka panjang (secara langsung maupun tidak langsung) sedangkan aritmatika dan kerja memori berpengaruh secara tidak langsung terhadap kemampuan algoritma kata (menyusun prosedur dalam penyelesaian soal cerita matematika). Dan juga perlu adanya penerapan metode yang menarik yaitu metode tanya jawab supaya mahasiswa lebih aktif dalam mengungkapkan pendapat serta metode permainan matematika yang menggunakan kemampuan berlogika seperti quis-quis (asah otak atau teka-teki) matematika sederhana.
Downloads
References
Fuchs, L.S., Compton, D.L., Fuchs, D., Paulsen, K., Bryant, J.D., & Hamlett, L. (2005). “The Prevention, Identification, and Cognitive determinants of math difficulty”. Journal of Educational Psychology, Vol. 97, 493 – 513.
Geary, D.C. (1993). “Mathematical Disabilities: Cognitive, Neuropsychological, and Genetic Components”. Psychological Bulletin, Vol. 114, 345 – 362.
Geary, D.C., & Brown, S.C. (1991). “Cognitive Addition: Strategy Choice and Speed-of-processing differences in Gifted, Normal, and Mathematically Disabled Children”. Developmental Psychology, Vol. 27, 398 – 406.
Ghozali, Imam (2005). “Model Persamaan Struktural (Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS 24)”. Penerbit Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Russell, R.L., & Ginsburg, H.P. (2004). “Cognitive analysis of children’s mathematical difficulties”. Cognition and Instruction, Vol. 1, 217 – 244.
Santosa, P.B., Ashari (2005). “Analisis Statistik dengan MS. Excel dan SPSS”. Penerbit ANDI, Yogyakarta.
Santoso, S. (2011). “Structural Equation Modeling (SEM)”. Penerbit PT Gramedia, Jakarta.
Suarga. (2012). “Algoritma Dan Pemrograman”. Penerbit ANDI, Yogyakarta.
Copyright (c) 2019 Jurnal Komputer dan Informatika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The author submitting the manuscript must understand and agree that if accepted for publication, authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution (CC-BY) 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.