ALGORITMA MD5 DAN RC5 UNTUK PENGAMANAN FILE PDF

  • Manuel Luis Belo(1)
    Universitas Nusa Cendana
  • Derwin Rony Sina(2*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Yelly Yosiana Nabuasa(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Kata Kunci: kriptografi, Message Disgest 5, Rivest code 5, PDF

Abstrak

Dokumen elektronik  adalah jenis berkas digital yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi penting seseorang atau suatu lembaga. Terdapat beberapa format file dokumen yang paling banyak digunakan yaitu .docx, .xlsx, .pptx, dan .pdf. Masalah yang muncul ketika suatu perusahaan, institusi atau organisasi yang mempunyai dokumen-dokumen rahasia dan data-data yang penting berupa file dokumen bisa diakses oleh orang atau pihak yang tidak memiliki wewenang. Solusi pengamanan dokumen dapat menggunakan konsep kriptografi. Jenis file dokumen yang dapat dienkripsi dibatasi pada file Portable Document Format(.pdf). Pada penelitian ini dilakukan pengamanan kunci inputan user menggunakan algoritma Message Digest 5 (MD5) dan pengacakan nilai binary pada file pdf menggunakan algoritma Rivest Code (RC5). Hasil pengujian menggunakan (i) kunci yang sama pada file pdf yang berbeda menunjukkan bahwa binary chiperfile yang dihasilkan berbeda dengan binary plainfile yang diambil.Hal ini diketahui dari tingkat kesamaan binary chiperfile dan binary plainfile yang kecil/rendah berdasar pada nilai kolerasi yang dihasilkan tiap pengujian adalah (i) 0,205795252, (ii) 0,24692765, (iii) 0,22421886.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Alyas, R. 2014. “Hybrid Cryptosystem Untuk Pengamanan E-Dokumen Menggunakan Algoritma RC4, RSA Dan MD5”.

Fanggidae A, Polly Y. T. 2015. “Analisis Pembangkit Kunci Dengan Tent Map, Session Key Dan Linear Congruential Generator Pada Cipher Aliran

Munir, R. 2006, Kriptografi, Informatika, Bandung.

Munir, R. 2012, Analisis Keamanan Algoritma Enkripsi Citra Digital menggunakan Kombinasi Dua Chaos Map dan Penerapan Teknik Selektif, Bandung, http://informatika.stei.itb.ac.id/~rinaldi.munir/Penelitian/Makalah_JUTI_ITS_2012.pdf diakses tanggal 20 Maret 2019.

Rivest, R.L. 1997. The RC5 Encryption Algorithm*. Cambridge : MIT Laboratory for Computer Science 545 Technology Square

Sugiono, 2007, Metode Penelitian Administrasi, Alfabeta, Bandung.-

PlumX Metrics

Diterbitkan
2020-03-31
Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##