PENERAPAN ASSOCIATION RULE MINING PADA REKOMENDASI BUNDLING PRODUK MINIMARKET MENGGUNAKAN ORACLE DATA MINER

  • Husni Iskandar Pohan(1)
    Universitas Bina Nusantara
  • Boby Siswanto(2*)
    Universitas Bina Nusantara
  • (*) Corresponding Author
Kata Kunci: association rule mining, recommender system, product bundling

Abstrak

Jual beli merupakan proses yang melibatkan penjual dan pembeli atau konsumen dimana terjadi transaksi yang mengakibatkan pertukaran barang dengan uang. Penjual akan berusaha menjual barang dengan mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin sedangkan pembeli akan berusaha mendapatkan barang dengan biaya yang seminimal mungkin. Salah satu tempat yang memungkinkan terjadinya transaksi jual beli adalah minimarket. Minimarket menyediakan berbagai barang kebutuhan pembeli, tapi ada kalanya terdapat barang tidak diminati pembeli sehingga menimbulkan kerugian bagi minimarket. Terdapat teknik association rule mining yang dapat menemuka keterkaitan antara satu item dengan item lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan rekomendasi bundling produk berupa penggabungan dua produk dengan satu harga agar mengoptimalkan penjualan minimarket. Hasil dari penelitian ini adalah daftar rekomendasi produk yang termasuk kedalam produk bundling.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

D. R. I. Hapsari, “Hukum dalam Mendorong Dinamika Pembangunan Perekonomian Nasional Ditinjau dari Prinsip Ekonomi Kerakyatan,” Legality 26.2, pp. 238-251, 2018.

A. A. Satria, “Pengaruh harga, promosi, dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada perusahaan A-36,” Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis 2.1, pp. 45-53, 2017.

E. Angliara, “PENGEMBANGAN MODUL BUNDLING MENGGUNAKAN ASSOCIATION RULE ALGORITMA APRIORI PADA SISTEM INFORMASI PENJUALAN ADIEN MART SEBAGAI STRATEGI PROMOSI PENJUALAN BARANG KURANG LARIS,” https://repository.unej.ac.id/, Jakarta, 2017.

A. Wijaya and L. Kinder, “Pengaruh Price Bundling dan Product Bundling terhadap Niat Membeli yang Dimoderasi oleh Barang Komplementaritas,” Jurnal Manajemen 17.1, pp. 23-38, 2020.

R. Rizki, E. Hernawati and B. Siswanto, “Aplikasi Pengelolaan Data Kegiatan Ekstrakurikuler Menggunakan Apex (studi Kasus: Sma Negeri 7 Bogor),” eProceedings of Applied Science 3.3, 2017.

N. Sharma, “Overview of the Database Management System,” International Journal of Advanced Research in Computer Science 8.4 , 2017.

B. Siswanto and P. Thariqa, “Association rules mining for identifying popular ingredients on YouTube cooking recipes videos,” in 2018 Indonesian Association for Pattern Recognition International Conference (INAPR), Jakarta, 2018.

B. Brumm, Beginning oracle SQL for oracle database 18c, New York: Apress, 2019.

T. Martono, H. Fathoni and R. Supriyatna Agiska, “DESAIN BASIS DATA SISTEM INFORMASI AKADEMIK SMP XYZ DENGAN MENGGUNAKAN ORACLE SQL DEVELOPER DATA MODELER,” Makalah Ilmiah Mahasiswa, 2017.

K. Kseniia, “Market Basket Visualization for Hypermarkets with the Use of Big Data Analytics,” St. Petersburg University, St. Petersburg, 2018.

PlumX Metrics

Diterbitkan
2021-09-20
Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##