PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD INPRES USAPIKOM KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Inpres Usapikom dengan Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching melalui empat tahapan pelaksanaan meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan tes, refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Dengan subjek penelitiannya yaitu Siswa kelas IV SD Inpres Usapikom dengan jumlah 15 orang terdiri dari 8 laki-laki dan 7 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan pada siklus I dari jumlah siswa 15 orang yang tuntas 10 orang dengan persentase ketuntasan 66,7% sedangkan siswa yang tidak tuntas 5 orang dengan presentase ketuntasan 33,3%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas 14 orang dengan persentase 93,3% sedangkan siswa yang tidak tuntas 1 orang dengan presentasi ketuntasan 6,7%. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka, pembelajaran tentang berbagai keragaman Agama di Indonesia melalui model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini terbukti dengan terjadinya peningkatan nilai maksimal ketuntasan yang ada pada siklus II yakni 93,3% dengan demikian penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching berhasil.