PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DI SD NEGERI OETETA

  • Mariance Dolorosa Inesta Siku(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di SD Negeri Oeteta. Metode yang digunakan dalam penelitin ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning melalui empat tahapan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri atas dua siklus dengan mengambil data melalui observasi dan tes. Subjek dari penelitian ini adalah 20 orang siswa yang terdiri dari siswa laki-laki 12 orang dan siswa Perempuan 8 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada siklus 1 dari 20 orang siswa terdapat 13 orang yang telah mencapai KKM dengan presentase ketuntasan 65%, pada siklus II hasil belajar siswa lebih meningkat dari 20 orang siswa terdapat 17 orang siswa yang telah mencapai KKM dengan presentase ketuntasan 85%. Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 70,80, sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 86,51. Untuk hasil observasi aktivitas pembelajaran guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 70,58, sedangakan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 88,23. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi bangun datar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di SD Negeri Oeteta.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2025-05-05