PENERAPAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KPK DAN FPB
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada materi KPK dan FPB melalui penerapan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SDI Bertingkat Kelapa Lima 2. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri 2 siklus dengan tahapan tiap siklus yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi tes tertulis, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi 3 tahapan yakni: reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Haisl penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL berhasil meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa secara signifikan. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang cukup besar, dimana pada siklus I sebesar 52% meningkat menjadi 84% pada siklus kedua Aktivitas guru meningkat dari 78% pada siklus 1 menjadi 90% setelah menerapkan PBL, sementara aktivitas siswa meningkat dari 60% menjadi 83,2%. Hal ini menunjukkan bahwa Model PBL dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dan guru pada materi KPK dan FPB di SDI Bertingkat Kelapa Lima 2.