Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

Gaya Selingkung Jurnal “Education for All”

 

Petunjuk Penulisan Naskah Jurnal, Century Gothic, Ukuran 14, Bold, Center, Maksimal 14 Kata

 

Penulis Pertama tanpa Gelar Akademik¹, Penulis Kedua tanpa Gelar Akademik²

¹˙² Nama dan Alamat Lengkap Instansi/Lembaga

Email: alamat email penulis pertama, alamat email penulis kedua ← 11 Century Gothic

 

Abstrak

 

Abstrak ditulis menggunakan bahasa Indonesia dengan huruf Century Gothic, ukuran 11, tegak, jarak antar baris 1 spasi. Abstrak berisi 150-200 kata dan hanya terdiri dari 1 paragraf, yang memuat masalah, tujuan, metode serta hasil penelitian.

 

Kata Kunci: Kata kunci ditulis menggunakan bahasa Indonesia, dengan huruf Century Gothic, ukuran 11, spasi 1, paling banyak 4 frasa.

 

Instructions for Preparing Manuscript for Journal, Century Gothic, Size 14, Bold, Center, 14 Words

 

Abstract

 

Abstrak ditulis menggunakan bahasa Inggris dengan huruf Century Gothic, ukuran 11, cetak miring, jarak antar baris 1 spasi. Abstrak berisi 150-200 kata dan hanya terdiri dari 1 paragraf, yang memuat masalah, tujuan, metode serta hasil penelitian.

 

Kata Kunci: Kata kunci ditulis menggunakan bahasa Inggris, dengan huruf Century Gothic, ukuran 11, spasi 1, paling banyak 4 frasa.

 

 


PENDAHULUAN (15%)

Bagian ini berisi latar belakang, urgensi dan tujuan penelitian. Kajian pustaka perlu dicantumkan dalam bagian ini, kaitannya dengan pemunculan masalah penelitian, justifikasi urgensi penelitian dan alternatif pemecahan masalah penelitian. Proporsi  pendahuluan ditulis 10%-15% dari total keseluruhan manuscript.

Teknik penulisan rujukan atau kutipan menggunakan teknik rujukan berkurung (nama akhir, tahun). Sumber rujukan pustaka yang digunakan mengacu pada pustaka primer. Contoh penulisan rujukan pustaka adalah: pemberdayaan berbasis masyarakat merupakan ……… (Mulyani, 2021). Adapun kemuktahiran rujukan sumber buku maksimal 10 tahun terakhir dan artikel jurnal 5 tahun terakhir.

Pemaparan permasalahan, tujuan dan manfaat penelitian dideskripsikan secara naratif dalam paragraf-paragraf tanpa diberi subjudul khusus. Demikian halnya dengan definisi operasional, apabila dirasa perlu, juga dideskrispsikan naratif.

Teknik penulisan pendahuluan menggunakan Century Gothic, ukuran 12, tegak, spasi 1. Tiap paragraf diawali dengan kata yang ditulis menjorok ke dalam sekitar 1 cm dari tepi kiri tiap kolom.  

 

METODE (15%)

Pemaparan metode berisi jenis penelitian, waktu dan tempat penelitian, target/sasaran penelitian, subjek penelitian, prosedur penelitian, instrumen dan teknik analisis data serta hal-hal lain yang berkaitan dengan cara  penelitian.

Adapun hal-hal lain yang berkaitan dengan cara penelitiannya dapat ditulis dalam  sub-subbab, dengan sub-subheading. Sub-subjudul tidak perlu diberi notasi, namun ditulis dengan huruf kecil berawalkan huruf kapital, Century Gothic, ukuran 12, unbold, rata kiri.

Khusus untuk penelitian kualitatif, waktu dan tempat penelitian perlu ditulis secara jelas (untuk penelitian kuantitatif, juga perlu). Target/subjek penelitian (untuk penelitian kualitatif) atau populasi-sampel (untuk penelitian kuantitatif) perlu dijabarkan dengan jelas dalam bagian ini. Teknik memperoleh subjek (penelitian kualitatif) dan atau teknik sampling (penelitian kuantitatif) juga perlu dituliskan.

Prosedur perlu dijabarkan menurut tipe penelitiannya. Bagaimana penelitian dilakukan dan data akan diperoleh, juga perlu diuraikan dalam bagian ini.

Khusus penelitian eksperimental, jenis rancangan (experimental design) yang digunakan sebaiknya dituliskan pada bagian ini. Macam data, bagaimana data dikumpulkan, dengan instrumen yang mana data dikumpulkan dan bagaimana teknis pengumpulannya, perlu juga diuraikan secara jelas dalam bagian ini.

Bagaimana memaknakan data yang diperoleh, kaitannya dengan permasalahan dan tujuan penelitian, perlu dijabarkan dangan jelas. (Catatan: Sub-subbab bisa berbeda, menurut jenis atau pendekatan penelitian yang digunakan. Jika ada prosedur atau langkah yang sifatnya sekuensial, dapat diberi notasi (angka atau huruf) sesuai posisinya). Proporsi metode penelitian ditulis 10%-15% dari total keseluruhan manuscript.

 

HASIL DAN PEMBAHASAN (65%)

Hasil

Analisis dan interpretasi hasil diperlukan sebelum dibahas. Setiap hasil penelitian harus dibahas. Penyajian hasil penelitian dapat ditulis dalam bentuk deskriptif, grafik atau tabel. Penulisan sub bagian dituliskan dengan huruf Century Gothic-12, Bold, spasi 1. Bagian isi sub bagian dituliskan dengan huruf Century Gothic-12, spasi 1.

Pada bagian ini, apabila terdapat tabel atau gambar, maka tabel tersebut ditulis dengan format yang telah ditentukan. Judul tabel ditulis dari kiri rata tengah, semua kata diawali huruf besar, kecuali kata sambung. Apabila lebih dari satu baris maka dituliskan dalam spasi tunggal. Sebagai contoh, dapat dilihat pada Tabel di bawah ini.

Tabel 1. Persepsi Mahasiswa PLS (ditulis sesuai nomor urut tabel, judul tabel diketik dengan format Century Gothic-11, spasi 1, bold, tegak)

No

PLS 1

PLS 2

PLS 3

 

Tabel diisi dengan huruf Century Gothic-9, spasi 1

 

 

 

Apabila terdapat gambar maka dapat disajikan dengan format seperti pada contoh berikut.

 

 

Gambar 1. Pelaksanaan Kegiatan (ditulis sesuai nomor urut gambar, judul tabel diketik dengan huruf Century Gothic-9, spasi 1, bold, bila gambar tidak bersumber dari dokumen pribadi perlu maka perlu dituliskan sumbernya)

 

Pembahasan

Bagian pembahasan berisi pemaknaan atas hasil dan pembandingan dengan teori dan/atau hasil penelitian sejenis/sebelumnya yang relevan. Bagian pembahasan juga berisi jawaban pertanyaan atas pertanyaan mengapa ditemukan fakta seperti pada data yang disajikan.

Pembahasan ditulis melekat pada data yang dibahas. Penulisan menggunakan huruf Century Gothic-12, spasi 1. Proporsi paparan hasil dan pembahasan yakni 65% dari keseluruhan panjang artikel.

 

SIMPULAN (5%)

Pemaparan simpulan berisi secara singkat dan jelas tentang: (1) cukup menjawab permasalahan atau tujuan penelitian (tidak perlu dibahas lagi); (2) simpulan dari penulis secara logis dan jujur berdasarkan fakta yang diperoleh; dan (3) dapat ditambahkan saran atau implikasi (tidak wajib). Simpulan dituliskan dalam satu paragraf dengan proporsi tidak lebih dari 5% dari keseluruhan panjang artikel.

 

DAFTAR PUSTAKA

Daftar Pustaka ditulis mengikuti teknik standar yang harus dilakukan secara baku dan konsisten. Sumber rujukan berupa pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang digunakan adalah sumber-sumber primer berupa artikel-artikel penelitian dalam jurnal atau laporan penelitian, termasuk skripsi, tesis, disertasi.

Guna menjaga konsistensi cara pengacuan, pengutipan dan daftar pustaka maka sebaiknya menggunakan aplikasi seperti Reference Manager, seperti Zotero, Mendeley atau aplikasi berbayar lainnya. Daftar pustaka ditulis dalam spasi tunggal, jarak 1 spasi antar daftar pustaka.

Berikut contoh penulisan daftar pustaka.

 

Buku:

Kamil, M. 2011. Pendidikan Nonformal: Pengembangan Melalui Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) di Indonesia (Sebuah Pembelajaran dari Kominkan di Jepang). Bandung: Alfabeta Bandung

 

Buku terjemahan:

Ary, D.; Jacobs, L.C.; & Razavieh, A. 1976. Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. 1982. Surabaya: Usaha Nasional

 

Buku kumpulan artikel:

Saukah, A. & Waseso, M.G. (Eds). 2012. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah (Edisi ke-4, cetakan ke-1). Malang: UM Press

 

Artikel dalam Buku Kumpulan Artikel

Russel, T. 1998. An Alternative Conception: Representing Representation. Dalam P.JJ Black & A. Lucas (eds.), Children’s Informal Ideas in Science (hlm. 62-84). London: Routledge

 

Artikel dalam Jurnal atau Majalah:

Kansil, C.L. 2002. Orientasi Baru Penyelenggaraan Pendidikan Program Profesional dalam Memenuhi Kebutuhan Dunia Industri. Transpor. XX (4): 57-61

 

Proceeding Konferensi atau Simposium

Australian Association of Social Workers. 1969. Social Issues of Today. Proceedings of the Australian Association of Social Workers’ 11th Annual Conference. Hobart, Australia. Pp 17-34

 

Artikel dalam Koran:

Pitunov, B. 13 Desember. 2002. Sekolah Unggulan ataukah Sekolah Pengunggulan?  Majapahit Pos, hlm. 4 & 11

 

Tulisan/Berita dalam Koran (Tanpa Nama Pengarang):

Jawa Pos. 22 April. 1995. Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, hlm. 3

 

Dokumen Resmi:

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1978. Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: Depdikbud

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 tentang Sistem pendidikan Nasional. 1990. Jakarta: PT Armas Duta Jaya

 

Ensiklopedia, Kamus

Stafford-Clark, D. 1978. Mental Disorders and Their Treatment. The New Encyclopedia Britannica. Encyclopedia Britanica. 23: 956-975. Chicago,USA

Echols, J.M. dan Shadily, H. (Eds). 1989. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: PT Gramedia

 

Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian:

Kuncoro, T. 1996. Pengembangan Kurikulum Pelatihan Magang di STM Nasional Malang Jurusan Bangunan, Program Studi Bangunan Gedung: Suatu Studi Berdasarkan Kebutuhan Dunia Usaha Jasa Konstruksi. Tesis ini tidak diterbitkan. Malang: PPS IKIP MALANG

 

Makalah Seminar, Lokakarya, Penataran:

Waseso, MG. 2001. Isi dan Format Jurnal Ilmiah. Makalah disampaikan dalam Seminar Lokakarya Penulisan Artikel Dan Pengelolaan Jurnal Ilmiah, Universitas Lambungmangkurat, Banjarmasin, 9-11 Agustus

 

Internet (Artikel dalam Jurnal Online):

Kumaidi. 1998. Pengukuran Bekal Awal Belajar Dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan. (Online), jilid 5, No. 4, (http://www,malang.ac.id, diakses 21 Maret 2021)

 

Internet (Bahan Diskusi):

Wilson, D. 20 November 1995. Summary of Citing Internet Sites. NETTRAIN Discussion List, (Online), (NETTRAIN@ubvm.cc.buffalo.edu, diakses 03 November 2000)

 

Internet (Karya Individu):

Hitchcock, S.; carr, L.; & Hall, W. 1996. A Survey of STM Online Journals, 1990-1995; The Calm before the Strom, (online), (http://journal. ecs.soton.ac.uk/survey/survey.html, diakses 12 Juli 2016)

 

Internet (E-mail Pribadi):

Naga, D.S. (ikip-jkt@indo.net.id). 1 Oktober 1997. Artikel untuk JIP. E-mail kepada Ali Saukah (jipp@mlg.ywcn.or.id)

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.