Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi Anak Melalui Metode Cerita Bergambar Pada Kelompok B di PAUD Munatuan Noelsinas

  • Meo Tefanai(1)
    PRODI PLS FKIP UNDANA
  • Rongky Famdale(2)
    PRODI PLS FKIP UNDANA
  • Gallex Simbolon(3)
    PRODI PLS FKIP UNDANA
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Media gambar, meningkatkan, kemampuan Berkomunikasi

Abstract

Penelitian ini menelaah Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi Anak Melalui Metode Cerita Bergambar Pada Kelompok B di PAUD Munatuan Noelsinas. Masalah utama penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemmpuan berkomunikasi anak melalui metode cerita bergambar? Tujuan penelitian ini untuk untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak melalui metode cerita bergambar di kelompok B PAUD Munatuan Noelsinas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 4 tahap dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak melalui metode cerita bergambar pada kelompok B PAUD Munatuan Noelsinas. Setting penelitian ini adalah anak-anak di PAUD Munatuan Noelsinas. Objek penelitian ini adalah anak didik yang terdiri atas 19 anak. Pengumpulan data melalui observasi dan tes hasil belajar. Dari perhitungan terhadap data tersebut diperoleh nilai rata-rata prasiklus 53, 61%, siklus I 57, 89% dan SiklusII 100%, maka secara umum dapat digolongkan bahwa pembelajaran menggunakann metode cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2021-10-31
Section
Articles