Gembala Brilian (Pengembangan Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Audio Lingual Method) bagi Guru Sekolah Minggu

  • Gracia M. N. Otta Prodi Penidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana
  • Elisna Huan Prodi Penidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana
  • Yanpitherson Liunokas Prodi Penidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana
Keywords: Metode Audio Lingual, pembelajaran kreatif, Pendidikan non-formal

Abstract

Guna mendukung misi pemerintah untuk mecerdaskan kehidupan bangsa, pihak Pendidikan tinggi dan Lembaga agama turut berperan dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris di lingkungan pendidikan non-formal termasuk sekolah minggu. Kegiatan PkM ini menggunakan metode Audio Lingual yang melatih keterampilan mendengarkan, terintegrasi dengan berbicara dan menulis. Mitra kegiatan PkM adalah para guru sekolah minggu, guru Sekolah dasar, dan anak-anak sekolah minggu yang berlatih untuk mendapatkan pengalaman mengajar kreatif di sekolah minggu. Ceramah, diskusi, dan evaluasi dilaksanakan untuk penerapan metode ini. Kegiatan evaluasi yaitu anak-anak sekolah minggu menceritakan kembali apa yang disimak dalam video, permainan dengan flashcards, dan permainan bisik berantai. Hasil kegiatan menunjukkan perlu ditingkatkan lagi pembelajaran Bahasa Inggris di Lembaga Pendidikan non-formal untuk mendukung keterampilan berbahasa Inggris baik bagi para guru maupun anak-anak sekolah minggu.

Published
2022-05-09
Section
Articles