Upaya Pemercepatan Kemampuan Membaca Siswa Kelas I SD Inpres Oetete 3, Kota Kupang di Masa Pandemi

  • Hendrikus Jehane Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana
  • Karolus Budiman Jama Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana
  • Margaret P.E. Djokaho Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana
Keywords: pembelajaran, membaca, metode, membaca suku kata

Abstract

Kegiatan PPM ini dilaksanakan di SD Inpres Oetete 3 Kota Kupang. Subjek yang menjadi sasaran utama kegiatan ini adalah guru kelas I dan siswa kelas I SD Inpres Oetete 3. Guru kelas I menjadi subjek tindakan karena guru kelas I menghadapi kesulitan dalam mengajar membaca bagi siswa kelas I. Siswa kelas I juga menjadi subjek tindakan karena  mereka mengalami kesulitan belajar membaca akibat pandemi covid-19. Masalah tersebut terjadi karena guru belum menemukan metode pembelajaran membaca yang tepat. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu diterapkan metode pembelajaran membaca yang efektif dan efisien untuk mempercepat kemampuan membaca siswa karena durasi pembelajaran yang sangat singkat akibat pandemi covid-19. Metode yang diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah metode membaca suku kata. Metode ini telah terbukti dapat meningkatkan dan mempercepat kemampuan membaca siswa kelas I SD Inpres Oetete 3. Penerapan metode ini juga mampu membuat suasana belajar membaca yang aktif, kreatif, dan menyenangkan karena didukung penggunaan media huruf dan suku kata. Selain itu, guru kelas I SD Inpres Oetete 3 mampu menerapkan  metode membaca suku kata dengan baik sehingga dapat meningkatkan dan mempercepat kemampuan membaca siswa kelas I.

Published
2022-05-09
Section
Articles