Program Peningkatan Kompetensi Guru dalam Memanfaatkan Lingkungan sebagai Sumber Belajar bagi Guru TK dan KB di Gugus Matahari

  • Sartika Kale Prodi PGPAUD, Fakultas Keguaran dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana
  • Credo G. Betty Prodi PGPAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana
  • Beatriks N. Bunga Prodi PGPAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana
  • Vanida Mundiarti Prodi PGPAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana
Keywords: lingkungan sebagai sumber belajar, anak usia dini

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini penting dilakukan untuk membantu 32 guru di Gugus Matahari, Kecamatan Alak, Kupang-NTT dalam memecahkan masalah yang dialami yaitu dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar di sekolah. Masalah yang terindentifikasi berkaitan kualifikasi akademik guru yang tidak semuanya S1, minimnya akses guru untuk mengikuti pelatihan peningkatan kompetensi guru, dan kurangnya sarana prasarana untuk pembelajaran di sekolah. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini yaitu metode ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi, eksperimen dan resitasi. Hasil yang didapat yaitu terlaksananya program ini dengan baik, dan guru dapat mengaplikasikan ide lingkungan sebagai sumber belajar bagi anak dengan menyusun RPP dan mempraktikannya dalam proses pembelajaran serta mengadakan evaluasi. Manfaat yang dirasakan oleh guru adalah pembelajaran berlangsung dengan efektif dan menyenangkan bagi anak, anak dan guru menjadi lebih kreatif, anak dapat berpikir kritis, anak memahami konsep pembelajaran secara langsung dan sederhana serta meminimalisir pengeluaran dana untuk pembelian APE dan media dalam pembelajaran.

Published
2022-05-09
Section
Articles