IDENTIFIKASI GAYA BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNDANA
Abstract
Dalam pelaksanaan pembelajaran salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah gaya belajar.Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi karakteristik gaya belajar mahasiswa yang dapat memberikan sumbangan informasi penting bagi dosen untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro angkatan tahun 2018 berjumlah 75 orang. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner yang akan diisi oleh subjek penelitian. Angket gaya belajar ini diisi oleh sebanyak 75 mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Angkatan 2016. Hasil analisis gaya belajar terhadap mahasiswa adalah Visual (10,67%), selanjutnya gaya belajar Auditori (29,33%), dan gaya belajar kinestetik (48,00%), kombinasi Auditori dan Kinestetik (9,33%) dan kombinasi Visual Kinestetik (2,67%). Secara keseluruhan, kecenderungan gaya belajar Mahasiswa Angkatan 2018 Prodi Pendidikan Teknik Elektro didominasi oleh tipe gaya belajar Kinestetik sebesar 48,00%. Berdasarkan hasil ini pendekatan pembelajaran yang dapat mengakomodir karakteristik gaya belajar Kinestetik melalui gerakan, aktivitas tubuh, emosi dan paling baik menghafal informasi dengan mengasosiasikan gerakan dengan setiap fakta.