Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa
Abstract
Abstrak – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 34 siswa kelas XI. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan berganda dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil regresi diperoleh Y = 0.287 + 1.096X, dengan p <0.05 yang artinya bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar. Kemandirian belajar yang tinggi menghasilkan hasil belajar yang tinggi, sebaliknya kemandirian belajar yang rendah juga menghasilkan hasil belajar yang rendah. Dengan demikian guru diharapkan dapat menciptakan lebih banyak inovasi belajar untuk menumbuhkan kemandirian belajar siswa yang akan memberi dampak positif terhadap hasil belajar.