Implementasi Metode Pembelajaran Project Based Learning Materi Computerized Accounting Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di LP3I Kupang
Abstract
Penelitian ini didasari oleh penerapan metode pembelajaran berbasis proyek sebagai salah satu metode pembelajaran yang direkomendasikan untuk bidang studi komputer akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi metode pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran komputer akuntansi di LP3I Kupang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2025. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan pendekatan kuantitatif. Hal tersebut didasarkan pada parameter topik masalah yang diambil yaitu untuk meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan hasil uji yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai post-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil uji menunjukkan nilai hasil belajar kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan kelompok kontrol sehingga implementasi metode pembelajaran project based learning (PjBL) terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik LP3I Kupang
Marini Haryati Nenoliu(1*)