PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO DAN TRAINER TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS X TITL SMK NEGERI 2 KUPANG

  • Yunita Apriana Betty(1)
    Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FKIP UNDANA
  • I Made Parsa(2*)
    Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FKIP UNDANA
  • Crispinus P. Tamal(3)
    Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FKIP UNDANA
  • (*) Corresponding Author
Keywords: MMedia Pembelajaran Video, Media Pembelajaran Trainer pengukuran tahanan listrik, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar mata pelajaran dasar listrik dan elektronika peserta didik kelas X TITL SMK Negeri 2 Kupang. 2) adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran trainer pengukuran tahanan resistansi listrik terhadap hasil belajar peserta didik kelas X TITL SMK Negeri 2 Kupang. 3) adanya perbedaan penggunaan media pembelajaran video dan media pembelajaran trainer pengukuran tahanan resistansi listrik terhadap hasil belajar peserta didik kelas X TITL SMK Negeri 2 Kupang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian eksperimen, desain rancangan penelitian yang digunakan yaitu Quasi-Experimental Desig. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video berpengaruh sebesar 40,6% dan t hitung > t tabel (4.820 > 2,032) dan
P value < α sebesar (0,000 < 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh secara signifikan antara media pembelajaran video dengan hasil belajar terhadap hasil belajar siswa. Untuk variabel media pembelajaran trainer pengukuran tahanan resistansi listrik berpengaruh sebesar 45,8 % dengan nilai t hitung< t tabel (5.361 > 2,032 ) P value < α sebesar (0,000 < 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh secara signifikan antara media pembelajaran trainer pengukuran tahanan listrik dengan hasil belajar. Untuk mengetahui adanya perbedaan diperoleh t hitung= 3,362 dan didapatkan nilai t tabel = 1.994 dengan df = 70, karena Nilai t hitung > t tabel (3,362 > 1,994) dengan nilai Signifikansi (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara media pembelajaran video dan media pembelajaran trainer pengukuran tahanan listrik terhadap hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2020-11-10