PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DAN PERBEDAANNYA PADA HASIL BELAJAR MATA KULIAH TEKNIK TELEVISI MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNDANA
Abstract
Model pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini diarahkan untuk pencapaian kompetensi penguasaan konsep mahasiswa yang mengkuti mata kuliah Teknik Televisi. Langkah penerapan model pembelajaran berupa pendekatan pembelajaran kolaboratif disesuaikan dengan teori-teori yang membangunnya. Model pembelajaran dalam tulisan ini adalah model pembelajaran reciprocal peer questioning dan pembelajaran kerjasama kelompok. Subyek penelitian mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro semester 5 tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 20 mahasiswa. Hipotesis diuji dengan uji hipotesis komparatif dimana untuk dua model pembelajaran akan digunakan analisis independent sample t-test menggunakan SPSS versi 20.0 untuk melihat apakah ada perbedaan hasil antara kedua model yang diterapkan. Hasil yang diperoleh untuk untuk uji homogenitas (perbedaan varians) dengan melihat Levene’s test tampak bahwa F=1.932 (p=0,173) karena p diatas 0,05, maka dapat dikatakan bahwa tidak ada perbedaan varians pada kedua model pembelajaran. selanjutnya untuk melihat perbedaan berdasarkan nilai T tabel 2,086 > 1,067 dan sig (2-tailed) diperoleh 0,293 > 0,05, maka diambil kesimpulan bahwa kedua model pembelajaran tidak ada perbedaan signifikan pada hasil belajar mata kuliah Teknik Televisi. Dari hasil ini dapat ditarik kesimpulan bahwa kedua model pembelajaran ini dapat diterapkan pada mata kuliah Teknik Televisi.