EVALUASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5 FASE (LC 5E) DAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TAV SMKNEGERI 2 KUPANG PADA STANDAR KOMPETENSI MELAKUKAN INSTALASI SISTEM AUDIO VIDEO CCTV
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi: (1) Perbedaan antara nilai pre-test dan post-test setelah menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5 Fase dan media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar siswa pada Standar Kompetensi melakukan instal sistem audio video CCTV kelas XI TAV SMK Negeri 2 Kupang (2) Pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5 Fase dan media pembelajaran audio visual berbasis power point secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada Standar Kompetensi melakukan instal sistem audio video CCTV kelas XI TAV SMK Negeri 2 Kupang. Metode penelitian ini adalah penelitian Quasi-Experimental Design atau eksperimen semu. Pengumpulan data dilakukan melalui Observasi, Metode Tes dan Dokumentasi. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data menggunakan Uji-t berpasangan dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian evaluasi menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran Learning Cycle 5 Fase dan media pembelajaran audio visual berbasis power point mengalami peningkatan, yaitu nilai rata-rata untuk kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5 Fase dan media pembelajaran audio visual berbasis power point yaitu nilai pre-test = 58,34 dan nilai post-test = 74,28 (2) Ada pengaruh yang sangat signifikan antara model pembelajaran Learning Cycle 5 Fase dan media pembelajaran audio visual berbasis power point secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa dimana hasil analisis regresi berganda dengan menggunakan uji F diperoleh nilai fhitung> nilai ftabel (11537,936 > 3,295) berarti terdapat pengaruh yang signifikan sehingga model regresi tersebut dapat digunakan untuk memprediksi hasil belajar siswa.