Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas Dengan Aplikasi Cisco Packet Tracer Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKJ di SMK Negeri 6 Kupang

  • Theresia N.G Koban(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Yetursance Y Manafe(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Crispinus P Tamal(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Model Pembelajaran Project Based Learning, Model Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) adakah pengaruh model pembelajaran Project Based learning (PjBL).dengan menggunakan aplikasi cisco packet tracer terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi jaringan berbasis luas pada kelas XI TKJ di SMK Negeri 6 Kupang 2) Seberapa besar nilai signifikansi model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi jaringan berbasis luas pada kelas XI TKJ di SMK Negeri 6 Kupang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini eksperimen, desain rencangan penelitian yaitu Quasi Experimental Design dengan Quasi Control Group Design. Penelitian ini memiliki dua kelompok sebagai subjek penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data yang dilakukan melalui tes awal dan tes akhir. Analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesi dengan analisis regeresi sederhana dengan analisis uji independent sampel t-test dengan bantuan Statistical Product and Service Solution (SPSS). .Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Project Based learning (PjBL) berpengaruh sebesar 42 % dan

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2022-05-10