Rancang Bangun Tempat Sampah Pintar Berbasis Arduino Uno Menggunakan Modul GSM

  • Julio M R Nitte(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Yetursance Y Manafe(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Fransiskus F.G. Ray(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Tempat Sampah Pintar, Arduino Uno, Sensor Ultrasonic HC-SR04, Modul GSM,, Motor Servo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana tahapan merancang dan membuat tempat sampah pintar berbasis arduino.; (2) Bagaimana cara mengatur jarak sensor ultrasonic untuk membuka tutupan tempat sampah pada arduino.; (3) Bagaimana cara mengatur jarak sensor ultrasonic untuk mengunci tutupan tempat sampah pada arduino; (4) Bagaimana cara mengatur pengiriman SMS pemberitahuan kepada petugas.
Metode yang digunakan adalah metode Reasearch dan Development (R&D) melalui tahapan-tahapan yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat tiga tahapan dalam merakit sistem tempat sampah berbasis arduino menggunakan GSM yaitu tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan dan tahap akhir. (2) Jarak maksimum objek yang diseting pada sensor ultrasonic 1 adalah 30 cm dan putaran yang diseting pada motor servo adalah 90°. (3) Jarak yang diseting pada ultrasonik 2 untuk membaca ketinggian isi tempat sampah adalah kurang dari 15 cm

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2022-05-10