SISTEM KONTROL RUMAH BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT) MENGGUNAKAN ARDUINO UNO

  • Alvin R. Kedoh Universitas Nusa Cendana
  • Nursalim Nursalim Universitas Nusa Cendana
  • Hendrik Jeheskial Djahi Universitas Nusa Cendana
  • Don E.D.G. Pollo Universitas Nusa Cendana
Keywords: Sistem kontrol, Internet of Things, Arduino, Android

Abstract

Pemanfaatan internet yang meningkat telah menghasilkan inovasi dalam sistem kontrol. Internet of Things atau IoT merupakan inovasi dimana beberapa perangkat elektronik dapat dikontrol dari jarak jauh dengan memanfaatkan internet untuk memperoleh sistem kontrol yang lebih efisien dan menghemat waktu.

Penelitian ini memanfaatkan IoT untuk mengendalikan beberapa perangkat elektronik yang biasanya digunakan di rumah-rumah seperti lampu, kipas angin, dan sistem penguncian pintu. Sistem yang dibangun berbasis Android dengan memanfaatkan perangkat Arduino Uno sebagai sistem kontrol. Selain itu, sistem tersebut juga dapat mendeteksi keadaan lampu baik menyala, padam, maupun tidak terhubung dengan listrik. Sistem pengontrol tersebut dapat digunakan secara manual atau otomatis dengan memanfaatkan sensor cahaya dan timer supaya perangkat elektronik seperti lampu, dapat menyala secara otomatis pada waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi sistem yang dibangun dapat berfungsi dengan baik. Sistem tersebut menunjukkan perbedaan nilai delay pada beberapa perangkat yang disebabkan oleh pemanfaatan sensor arus. Sensor arus tersebut digunakan untuk mengetahui kondisi perangkat elektronik yaitu lampu, sebelum dan setelah dikontrol atau untuk mengetahui kondisi terkini dari perangkat tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Arduino, 2012. Datasheet Arduino UNO. http://arduino.or.id/hardware/detail_hardware/8.Diakses pada tanggal 12 Juni 2018.
[2] Giyartono, A. 2015. Aplikasi Android Pengendali Lampu Rumah Berbasis Mikrokontroler Atmega328
[3] Ismail, R. 2017. Pemanfaatan Sistem Android Sebagai Pengendali Lampu Ruangan Berbasis Mikrokontroler Arduino. Teknik Elektro Undana. Kupang.
[4] Kadir, A. 2012. Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroler Dan Pemrogramannya Menggunakan Arduino. Penerbit Andi. Yogyakarta.
[5] Malvino, A. 1996. Elektronika Komputer Digital Pengatar Mikrokomputer(Edisi Ke Dua). Penerbit Erlangga. Jakarta.
[6] Muhamad, S. 2013. Panduan Mudah Simulasi dan Praktik Mikrokontroler. Penerbit Andi. Yogyakarta.
[7] Muhammad, P. 2014. Miniatur Rumah Pintar Menggunakan Pengendali Via Android Berbasis Arduino Mega 2560; Depok:Skripsi Fakultas Ilmu Komputer & Teknologi Informasi Universitas Gunadarma.
[8] Yudhanto, Y. 2018. Mudah Membuat dan Berbisnis Aplikasi Android dengan Android Studio. Elex Media Komputindo. Yogyakarta.
[9] Aditya, G. 2015 Analisis Dan Perancangan Prototype Smart Home Dengan Sistem Client Server Berbasis Platform Android Melalui Komunikasi Wireless. Teknik Telekomunikasi, Universitas Telkom.
Published
2019-08-03
How to Cite
Kedoh, A., Nursalim, N., Djahi, H., & Pollo, D. (2019). SISTEM KONTROL RUMAH BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT) MENGGUNAKAN ARDUINO UNO. Media Elektro, 8(1), 1-6. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/jme/article/view/1403
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.