HUBUNGAN KUALITAS BIMBINGAN INSTRUKTUR CLINICAL SKILL LAB DOKTER SPESIALIS DENGAN TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA
PDF

Keywords

Instruktur CSL dokter spesialis, kualitas bimbingan, kepuasan mahasiswa

How to Cite

Dergong, E., Sagita, S., & Rante, S. (2019). HUBUNGAN KUALITAS BIMBINGAN INSTRUKTUR CLINICAL SKILL LAB DOKTER SPESIALIS DENGAN TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA. Cendana Medical Journal (CMJ), 7(2), 288-298. Retrieved from http://ejurnal.undana.ac.id/CMJ/article/view/1802

Abstract

Kepuasan mahasiswa merupakan perbandingan antara harapan yang diinginkan mahasiswa tentang pelayanan kompetensi dosen yang didukung oleh sarana dan prasarana, kepemimpinanan dosen, serta pelayanan karyawan. Kepuasan mahasiswa terhadap kualitas bimbingan instruktur CSL dokter spesialis dipengaruhi oleh teaching skill, kemampuan interpersonal, professional dan komunikasi instruktur. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas bimbingan instruktur CSL dokter spesialis dengan tingkat kepuasan mahasiswa di Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana.  Metode penelitian ini merupakan penelitian analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian meliputi seluruh mahasiswa semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 di Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana. Sampel diambil menggunakan teknik stratified random sampling. Hasil penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara variabel kualitas bimbingan instruktur Clinical Skill Lab(CSL) Dokter Spesialis dengan tingkat kepuasan mahasiswa (nilai sig. = 0,000 dan koefisien korelasi = 0,549) dan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kualitas bimbingan instruktur Clinical Skill Lab (CSL) Dokter Spesialis pada dimensi communication terhadap tingkat kepuasan mahasiswa (nilai sig. = 0,000 dan nilai estimate = 0,573 dengan 95% C.I). Perlu adanya peningkatan kualitas bimbingan instruktur CSL dokter spesialis agar memberikan kepuasan terhadap mahasiswa sehingga dapat meningkatkan keterampilan klinis mahasiswa

PDF

References

Ii BAB, Teori AK, Mahasiswa K. No Title. 2012;(2007):13–42.
2. Herman RB, Sukarya WS, Rasmin M, Soebono H, Yuniadi Y, Soemitro D dkk. Standar pendidikan profesi dokter. 2012. 1-26 p.
3. World Health Organization. World Health Statistics. World Heal Organ [Internet]. 2008;112. Available from: http://www.who.int/whosis/whostat/EN_WHS08_TOCintro.pdf
4. Health Manpower. 2016.

5. KONSIL KEDOKTERAN INDONESIA. 2013.
6. Badan PPSDM Kementerian Kesehatan. Program Pemenuhan Tenaga Kesehatan. Paparan Rakerkesnas [Internet]. 2017; Available from: http://depkes.go.id/resources/download/bahan_rakerkesnas_2017/Badan PPSDM Kesehatan.pdf
7. Kesehatan P, Kupang K. Profil Kesehatan Kota Kupang Tahun 2013. 2013;
8. Nicholas H, editor. panduan akademik Fakultas kedokteran Undana. In: panduan akademik Fakultas kedokteran Undana. 2015.
9. Hakim L, Saputra O, Lisiswanti R. Persepsi Mahasiswa tentang Peer-Assissted Learning dalam Pembelajaran Keterampilan Laboratorium Klinik ( Clinical Skills Lab / CSL ) di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Student Perceptions about Peer-Assissted Learning in Clinical Skills Lab / CSL . 2017;6:32–8.
10. Firmansyah R. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa Kedokteran Terhadap Pelatihan Keterampilan Klinik Di Tahap Sarjana. 2012;1–183.
11. Panggabean AF, S NNA. Gambaran Performa Instruktur Skill Lab Program Studi. 2015;
12. Irene, Soedibyo S, Satari HI. Pengalaman Klinik Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Tingkat V di Departemen Ilmu Kesehatan Anak Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta. Sari Pediatr. 2009;10(5):285–91.
13. Indonesia K besar bahasa. No Title. 2018;
14. pendidikan dokter spesialis. 2014;1–6.
15. Aryanty N, Puspasari A, Purwakanthi A. Perbandingan Efektivitas Pembelajaran Clinical Skill Lab (CSL) dengan Menggunakan Video Ajar Keterampilan Klinik Neurologi terhadap Demonstrasi oleh Instruktur. Jmj. 2014;2(2):189–96.
16. Taking H, Payudara P, Neurologi P, Muskuloskeletal P, Respirasi PS, Paru TESF. Buku Pedoman Keterampilan Klinis. Test. 2011;1–24.
17. Konis Agnes. Skripsi pengaruh kualitas instruktur clinical skill lab terhadap tingkat kepuasanmahasiswa. In: pengaruh kualitas instruktur clinical skill lab terhadap tingkat kepuasanmahasiswa. 2017.
18. Syahdrajat Tantur. No Title. In: Panduan penelitian untuk skripsi kedokteran dan kesehatan. 2018.
19. Winarsunu Tulus. statistika dalam penelitian psikologi pendidikan. In: Ridlo S, editor. 2009. p. 16–7.
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.