HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN MEMORI JANGKA PENDEK PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA
CMJ
PDF

Keywords

kualitas tidur, memori jangka pendek, mahasiswa fakultas kedokteran

How to Cite

Benu, W., Rambu Kareri, D., & Sagita, S. (2020). HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN MEMORI JANGKA PENDEK PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA. Cendana Medical Journal (CMJ), 8(1), 566-571. Retrieved from http://ejurnal.undana.ac.id/CMJ/article/view/2667

Abstract

Memori merupakan kemampuan untuk menyimpan, mempertahankan, dan mengingat informasi dari pengalaman masa lalu pada otak manusia. Kemampuan rentang memori pada manusia sangat terbatas, sehingga penting untuk mengetahui usaha apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan tersebut.Salah satu hal yang diduga dapat meningkatkan kemampuan memori dan menjadikannya lebih kuat adalah melalui tidur yang cukup.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kualitas tidur dengan memori jangka pendek pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kualitas tidur dengan memori jangka pendek pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana. Penelitian ini menggunakan metode analitik observasional dengan rancangan cross sectional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 70 orang dengan cara proportionate stratified random sampling. Analisis data menggunakan uji T sampel bebas untuk mengetahui hubungan antara kualitas tidur dan memori jangka pendek. Hasil penelitian ini diperoleh rerata skor digit span yang dimiliki mahasiswa dengan kualitas tidur baik adalah 12,22 sedangkan rerata skor digit span yang dimiliki mahasiswa dengan kualitas tidur buruk adalah 11,74. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai p=0,528 untuk skor digit span (p>0,05). Kesimpulan dari penelitian ini tidak terdapat hubungan signifikan antara kualitas tidur dengan memori jangka pendek pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana

PDF

References

1. Yusdiyanti D. Pengaruh Brain Training Terhadap Memori Diukur dengan Scenery Picture Memory Test. Universitas Diponegoro; 2016.
2. Sherwood L. Fisiologi Manusia: dari Sel ke Sistem. 8th ed. Ong HO, Mahode AA, Ramadhani D, editors. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC; 2014.
3. Dharmawan T. Musik Klasik dan Daya Ingat Jangka Pendek pada Remaja. J Ilm Psikol Terap. 2015;03(02):370–82.
4. Awal HQ. Hubungan Antara Kualitas Tidur dengan Prestasi Belajar pada Mahasiswa Keperawatan Angkatan 2014 UIN Alauddin Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar; 2017.
5. Mutmainnah R. Hubungan Kualitas Tidur Terhadap Keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang. Universitas Muhammadiyah Malang; 2018.
6. Yazdi Z, Sadeghniiat-Haghighi K, Loukzadeh Z, Elmizadeh K, Abbasi M. Prevalence of Sleep Disorders and Their Impacts on Occupational Performance: A Comparison Between Shift Workers and Nonshift Workers. Sleep Disord. 2014;1–6.
7. Iqbal MD. Hubungan Aktivitas Fisik dengan Kualitas Tidur Mahasiswa Perantau di Yogyakarta. 2017;1–11.
8. Uddin A. Effect of Sleep on Vigilance, Short-Term Memory, and Learning in College Students. Walden University; 2015.
9. Phan D-V, Chan C-L, Pan R-H, Yang N-P, Hsu H-C, Ting H-W, et al. A Study of the Effects of Daily Physical Activity on Memory and Attention Capacities in College Students. J Healthc Eng. 2018;1–9.
10. Wiyananti R, Wibowo S. Prototipe Sistem Blok dalam Metode Pembelajaran Problem Based Learning (Studi Kasus di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang). Techno COM. 2016;15(1):7–14.
11. Olii N, Kepel BJ, Wico S. Hubungan Kejadian Insomnia dengan Konsentrasi Belajar pada Mahasiswa Semester V Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. e-journal Keperawatan. 2018;6(1):1–7.
12. Mawo PR. Hubungan Kualitas Tidur dengan Kadar Hemoglobin pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Undana. Universitas Nusa Cendana; 2018.
13. Ali A, Majeed MB, Saba K, Bodenarain A, Bukhari MH. Effects of Different Sleeping Patterns on Academic Performance in Medical School Students. 2013;5(11):1193–8.
14. Fitri AD. Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. JMJ. 2016;4(1):95–100.
15. Álvarez B. The Relationship of Self-Reported Reading Habits and Declarative Memory. Spring. 2016;
16. Febrianti H. Hubungan Antara Intelligence Quotient (IQ) dengan Kemampuan Memori Jangka Pendek pada Remaja. Universitas Muhammadiyah Malang; 2018
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.