PEER REVIEW PROCESS

Makalah yang diserahkan akan melewati proses peer review yang ketat untuk memastikan bahwa artikel yang diterbitkan memiliki kualitas yang standard dan sesuai dengan kaidah-kaidah keilmuan. Sebelum memasuki proses peer review, naskah-naskah tersebut akan disaring terlebih dahulu oleh editor. Pada tahapan ini terdapat dua keputusan. Editor dapat langsung menolak artikel dimaksud apabila artikel tersebut tidak dalam ruang lingkup jurnal atau dibawah standar kualitas.

Setiap naskah akan direview oleh reviewer independen. Jurnal diferensial menggunakan proses review 'single blind': penulis tidak diberitahu siapa yang mereview makalah mereka, dan peer reviewer  mengetahui penulisnya.

Peer reviewer diminta mengevaluasi makalah dan memberikan pendapatnya mengenai makalah tersebut. Peer reviewer diminta untuk menilai orisinalitas, dan kualitas artikel (metodologi dan hasil analisis). Semua informasi yang relevan akan diteruskan ke penulis.

Keputusan akhir untuk menerima atau menolak makalah dan rekomendasi kepada penulis ada pada editor individu yang bertanggung jawab atas evaluasi makalah.