Pedoman Penulisan Artikel

JURNAL COMMUNIO

Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, Fisip,  Universitas Nusa Cendana

 Pengiriman artikel pada Jurnal Communio harus memenuhi beberapa ketentuan berikut ini:

  1. Artikel yang ingin dipublikasikan pada Jurnal Communio harus merupakan hasil penelitian dan belum pernah dipublikasikan di media lain mana pun atau tidak sedang dalam proses penyuntingan di jurnal berkala di tempat lain.
  2. Artikel diketik dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan panjang tulisan antara 3.000 hingga 5.000 kata, menggunakan Times New Roman, 12 pts, double-spaced, margin 2.5 cm, dengan menggunakan nomor halaman di bagian kanan bawah.
  3. Format dan Sistematika Penulisan sebagai berikut: judul artikel, nama penulis, abstrak, pendahuluan, metode penelitian, hasil dan pembahasan, simpulan, dan daftar rujukan.
  4. Judul, ditulis dalam Bahasa Indonesia dan tidak melebihi 2 (dua) baris berisikan maksimal 15 kata yang menggambarkan inti dari artikel keseluruhan. Judul diketik mengunakan Times New Roman, 14 pts, 1 spasi, center, bold.
  5. Nama penulis dan lembaga asal. Nama-nama penulis (maksimal 4 orang) ditulis tanpa gelar akademis, gelar keagamaan, atau jabatan dan kepangkatan, lalu diikuti dengan nama dan alamat lembaga asal para penulis serta email dan nomor telpon dari corresponding author. Bagian ini diketik mengunakan Times New Roman, 10 pts, 1 spasi, center.
  6. Artikel wajib menyertakan abstrak baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris dengan panjang 150-200 kata, diketik dengan Times New Roman, 10 pts, justify, spasi 1. Abstrak harus berisikan komponen latar belakang, rumusan/pernyataan masalah, tujuan, metode, hasil, dan simpulan.
  7. Kata kunci. Ditulis dalam Bahasa Indonesia (untuk artikel berbahasa Indonesia) dan Inggris (untuk artikel Bahasa Inggris). Disarankan agar kata kunci berkisar antara 3 hingga 5 kata.
  8. Pendahuluan. Berisi latar belalakang atau urgensi penelitian, literature review, pertanyaan penelitian dan atau tujuan penelitian. Bagian pendahuluan tidak disarankan menggunakan sub-sub judul. Panjang tulisan  untuk bagian pendahuluan adalah 300 hingga maksimal 1.000 kata.
  9. Metode. Berisikan metode penelitian yang digunakan, prosedur/teknik pengumpulan data, dan teknik analisa data, panjang tulisan  untuk bagian metode adalah 100 – 500 kata. Bagian metode tidak disarankan menggunakan sub-sub judul.
  10. Hasil Penelitian dan Pembahasan. Bagian ini diawali dengan pemberian sub judul Hasil Penelitian yang diketik dengan Times New Roman, 12 pts, bold. Hasil penelitian berisikan deskripsi mengenai hasil penelitian berdasarkan pada tujuan penelitian. Pemaparan hasil penelitian dapat didukung dengan tabel, gambar, grafik dan atau foto yang relevan. Setelah hasil penelitian, diikuti dengan bagian pembahasan yang diawali dengan pemberian sub judul “Pembahasan”, diketik dengan Times New Roman, 12 pts, bold. Bagian pembahasan harus menunjukkan eloborasi akademis berupa perbandingan antara hasil penelitian dengan teori-teori yang relevan dan juga penelitian-penelitian terdahulu sejenis serta relevan. Panjang tulisan pada bagian hasil penelitian dan pembahasan berkisar antara 1.500 – 3.000 kata. Bagian hasil penelitian dan pembahasan tidak disarankan menggunakan sub-sub judul.
  11. Simpulan. Diawali dengan sub judul Simpulan, diketik menggunakan Times New Roman, 12 pts, bold. Bagian simpulan hendaknya mencerminkan pernyataan-pernyataan kunci sebagai jawaban dari pertanyaan dan atau tujuan penelitian. Panjang tulisan pada bagian simpulan adalah 150 –500 kata. Bagian simpulan tidak disarankan menggunakan sub-sub judul.
  12. Daftar Rujukan. Diawali dengan pemberian sub judul Daftar Rujukan, diketik menggunakan Times New Roman, 12 pts, bold. Tata cara pengutipan atau sitasi dalam naskah, menggunakan bodynote, contoh:   (Liliweri, 2016:35). Penulisan daftar pustaka diurutkan secara alfabetis dan hanya mencantumkan sumber pustaka yang dinyatakan dalam artikel. Teknik penulisannya mengikuti APA writing style dimana menggunakan spasi 1, diurutkan berdasarkan abjad, seperti pada contoh berikut:

Buku:

Liliweri, A. (2016). Konfigurasi Dasar Teori-teori Komunikasi Antar Budaya. Bandung: Nusamedia

Buku hasil Kompilasi Beberapa Pengarang:

Morley, D., & Silverstone, R. (2005). Domestic Communication: Technologies and Meanings. Dalam David Morley (ed), Television, Audiences and Cultural Studies (h. 191–202). London and New York: Routledge.

E-book:

Perry, D.K. (2001). Theory and Research in Mass Communication: Contexts and Consequences. New York: Lawrence Erlbaum. Retrieved from <http://93.174.95.29/_ads/EE068E8D5EF4C5939CD4AAE555009D0E>

 Jurnal:

Sulaiman, A. I., Sugito, T., & Sabiq, A. (2016). Komunikasi pembangunan partisipatif untuk pemberdayaan buruh migran. Jurnal Ilmu Komunikasi, 13(2), 233-252.

 Internet:

Setianto, Y.P. (2011). Berita Konflik: Suatu Kritik Peran Media sebagai Ruang Publik dan Pilar Demokrasi. <https://yearrypanji.wordpress.com>

 Artikel Surat Kabar/Majalah:

Pariangu, U.T.W. (2019, Oktober 31). Masa depan suram demokrasi kita. Koran Tempo, h.4.

 Dokumen Negara:

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003.tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta: Depdiknas.

 Karya Ilmiah yang tidak dipublikasikan (Tesis, Disertasi, dan Laporan Penelitian)

Robot, M. (2010). Strategi Komunikasi Masyarakat Perbatasan WNI-Indonesia dan Oecusse Timor Leste. Laporan Penelitian. Universitas Nusa Cendana. Kupang, Indonesia.

  1. Artikel dapat di upload melalui system OJS: https://ejurnal.undana.ac.id/JIKOM/
  2. Penulis atau tim penulis akan mendapatkan 1 eksamplar jurnal hardcopy dan bila ingin memiliki jurnal lebih, dikenakan biaya tambahan Rp 50.000/exemplar (tidak termasuk biaya pengiriman).
  3. Informasi dan prosedur pemesanan dapat menghubungi principal contact dan atau support contact