Pemanfaatan Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Brand Image

Studi Deskriptif Kualitatif pada Akun @kopipapaganteng

  • Maria A.D. Wainira Prodi. Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Nusa Cendana Kupang
  • Yohanes K.N. Liliweri Prodi. Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Nusa Cendana Kupang
  • Silvania S.E. Mandaru Prodi. Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Nusa Cendana Kupang
Keywords: Komunikasi Pemasaran, Brand Image, Instagram

Abstract

Maraknya penggunaan media sosial khususunya Instagram sekarang ini, membuat banyak pelaku bisnis di luar sana yang memanfaatkan dan menggunakan Instagram untuk memasarkan produk/brand mereka. Begitupula yang dilakukan oleh Kopi Papa Ganteng. Sebagai sebuah bisnis minuman kopi lokal, brand image yang positif dan kuat sangat diperlukan dan sangat penting bagi Kopi Papa Ganteng karena dapat menjadi hal yang memebedakannya dengan para pesaing atau brand sejenis lainnya. Penelitian ini sendiri bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan komunikasi pemasaran Kopi Papa Ganteng dalam membangun brand image melalui pemanfaatan media sosial Instagram. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah marketing mix theory yang di dalamnya terdapat 4 konsep yaitu product, price, place, dan promotion. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan Subjek penelitiannya yaitu akun Instagram @kopipapaganteng dan Pemilik dari Kopi Papa Ganteng. Dimana data penelitian dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan komunikasi pemasaran Kopi Papa Ganteng dalam membangun brang iamge melalui Instagram melibatkan semua elemen bauran pemasaran atau marketing mix yakni product, price, place, dan promotion. Dimana konsep produk, harga, tempat, dan kegiatan promosi yang dilakukan, dapat memberikan citra yang baik bagi Kopi Papa Ganteng. Kemudian dalam melakukan komunikasi pemasaran, Kopi Papa Ganteng memanfaatkan dengan baik fitur-fitur yang ada di Instagram, seperti fitur Instagram story, fitur highlights, fitur unggahan foto atau  video, fitur caption dan hastag.

Published
2021-07-17
How to Cite
Wainira, M., Liliweri, Y., & Mandaru, S. (2021). Pemanfaatan Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Brand Image. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 10(2), 138-148. https://doi.org/10.35508/jikom.v10i2.3609
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.