Membangun Brand Trust di Era Konvergensi Media

(Brand Trust Wedding Organizer di Bandung Raya)

  • Imaddudin Sy Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Asima Oktavia Sitanggang Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
Keywords: Brand Trust, Wedding organizer, Era Konvergensi Media

Abstract

Membangun kepercayaan ternyata bukanlah perkara mudah, berbagai tahapan membentuk karakteristik dari suatu brand (merek), perusahaan hingga segmen sasarannya itu yang akan menjadi fokus penelitian ini sehingga membangun brand trust kepada konsumen oleh Wedding organizer (WO) ini akan membuahkan hasil atau justru mendapatkan kehilangan kepercayaan. Tujuan Penelitian ini menganalisa Characteristic Brand, Company Charateristic dan Customer Characteristic Brand Wedding organizer di Era Konvergensi Media. Pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan informan WO minimal 5 tahun lebih menggarap ratusan pernikahan bahkan lebih. Hasil penelitian memperlihatkan penggunaan media yang digunakan sesuai tren dan familiar oleh klien WO. Komponen membangun Brand Trust disatukan dalam informasi dan komunikasi yang mengeloborasi konsep 3C (Computing, Communication, Content). Kemudahan dengan aksesbilitas dan kurasi oleh pemegang konten akan lebih cepat penyebarannya ke target pasar. Informasi klarifikasi, persuasi sampai monitoring lebih mudah ditangani secara mandiri. Konten publikasi haruslah orisinil dari pembuatnya, dan disertai pendukung dari internal WO. Informasi di media menggunakan bahasa dan konteks yang sesuai dengan pasar. Berkomunikasi secara kontinu melihat aspek pendekatan secara persuasif melalui leader team yang berhubungan langsung dengan klien, disertai jaminan secara legal. Pemahaman mengenai WO pun ditanam dan dikomunikasikan secara baik, sehingga terjadinya peningkatan pengetahuan, interest, dan berujung pada keputusan serta rekomendasi.

Author Biographies

Imaddudin Sy, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Fakultas Ilmu Komunikasi

Asima Oktavia Sitanggang, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Fakultas Ilmu Komunikasi

Published
2022-07-12
How to Cite
Sy, I., & Sitanggang, A. (2022). Membangun Brand Trust di Era Konvergensi Media. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 11(2), 149-168. https://doi.org/10.35508/jikom.v11i2.6630
Section
Articles