Aplikasi Tuner Alat Musik Sasando Real-Time Menggunakan Teknik Fast Fourier Transform (FFT) dan Harmonic Product Spectrum (HPS)

  • Amin Ajaib Maggang(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Sarlince O. Manu(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Molina O. Odja(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Tuner Sasando, Fast Fourier Transform (FFT), Harmonic Product Spectrum (HPS)

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendesain suatu aplikasi tuner sasando yang memiliki tingkat akurasi yang tinggi dalam mendeteksi frekuensi fundamental dari jenis sasando 32 senar menggunakan Algoritma Fast Fourier Transform (FFT) dan Harmonic Product Spectrum (HPS). Tingkat akurasi yang tinggi ditentukan dari resolusi frekuensi yang tinggi. Menurut Lourde, M (2009), kemampuan telinga manusia untuk membedakan bunyi adalah pada resolusi 0.5 Hz. Manusia tidak mampu membedakan bunyi jika resolusi atau selisih dua frekuensi yang berdekatan lebih kecil dari 0.5 Hz. Oleh karena itu, aplikasi yang didesain harus mampu memberikan resolusi 0.5 Hz. Berdasarkan hasil simulasi, Aplikasi Tuner sasando yang telah dibangun mampu memberikan output resolusi 0.5 Hz. Selain itu, aplikasi yang dibangun juga dapat menampilkan spektrum frekuensi dan mampu memberikan informasi apabila frekuensi dari senar yang sedang dituning sudah tepat pada frekuensi fundamentalnya. Tidak hanya itu, apabila frekuensinya masih kurang atau sudah melewati frekuensi dasarnya, maka akan ditampilkan juga pada outputnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sarlince O. Manu, Universitas Nusa Cendana

Jurusan Teknik Elektro Universitas Nusa Cendana

Molina O. Odja, Universitas Nusa Cendana

Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknik, ,Universitas Nusa Cendana

References

Da Costa A. M, 2017., “Stem Gitar Bass Menggunakan Harmonic Product Spectrum” Yogyakarta

Edonsasando,2011.,“Petunjuk Cara memainkan Sasando”. https://edonsasando.wordpress.com/2011/12/02/petunjuk-cara-memainkan-sasando/

Gunawan, Dadang & Juwono, Filbert Hilman. 2012. “Pengolahan sinyal digital dengan pemrograman matlab”.

Yogyakarta: Graha Ilmu

Ludemen, Lonnie C., “Fundamenatal of Digital Signal Processing”, Canada, John Wiley & Sons, Inc. 1987. Lay Ipank, 2016., “Sasando”. http://www.buset-online.com/sasando/

M.Soeharto, 1978., “Belajar Notasi Balok”, Jakarta: Gramedia

N. Siripya dan T. Nagarijan. 2013., “Pitch Estimation Using Harmonic Product Spectrum derived from DCT,” IEEE Setiawan, Paramita, dan Setiamanaha, 2009., “Brain Stimulating Effects of Acoustic Sasando” Jurnal pendidikan penabur: 22-29.

S.Wiguna, 2009., “Frequency Detection of Piano Basic Tone Based on Correlation, Discrete Cosine Transform, and Fast Fourier Transform,” Telkom university.

T.G. Permana., 2014., “ Identifikasi Akor Gitar Menggunakan Algoritma Harmonic Product Spectrum,” Telkom Univerity

Y. Maulana, 2012.,” Implementation of guitar tuner based on Fast Fourier Transform,” Telkom University.

PlumX Metrics

Published
2018-10-31
How to Cite
[1]
A. Maggang, S. Manu, and M. Odja, “Aplikasi Tuner Alat Musik Sasando Real-Time Menggunakan Teknik Fast Fourier Transform (FFT) dan Harmonic Product Spectrum (HPS)”, JME, vol. 7, no. 2, pp. 31 - 37, Oct. 2018.
Section
Articles