RANCANG BANGUN MESIN PEMBANGKIT LISTRIK TANPA BBM BERKAPASITAS 3000 WATT DENGAN MEMANFAATKAN PUTARAN FLYWHEEL

  • Razali Razali(1)
    Politeknik Negeri Bengkalis
  • Stephan Stephan(2)
    Politeknik Negeri Bengkalis
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Pembangkit listrik, flywheel

Abstract

Akhir-akhir ini, kebutuhan energi meningkat tetapi ketersediaan sangat terbatas. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan penelitian lebih lanjut energi alternatif. Generator adalah salah satu energi alternatif yang digunakan oleh masyarakat, tapi itu memiliki kekurangan seperti ketidakstabilan tegangan dan rendah efisiensi generator. Berdasarkan isu-isu tersebut, sehingga kami membuat flywheel aplikasi dalam generator listrik, yang bertujuan untuk menghasilkan suatu konsep efisiensi daya meningkat, menstabilkan tegangan keluaran Generator dan mulai proses pembangkit listrik. Proses pembuatan mesin aplikasi flywheel generator mulai dari perancangan mekanik flywheel, mencari jumlah rotasi per menit dari generator (dengan percobaan), menemukan elemen mesin yang menggunakan (poros, bantalan dan roda gila), nilai output generator. dari hasil desain mesin adalah diperlukan maksimal 2.5 KW - 3 KW dengan 3000 rpm yang diberikan motor listrik dengan sistem transmisi yang menggunakan balt, massa roda gila 60 kg x 2 kg dan daya output maksimum dari generator 3 KW.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Razali Razali, Politeknik Negeri Bengkalis

Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Bengkalis

Stephan Stephan, Politeknik Negeri Bengkalis

Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bengkalis

References

AlphaputraYapeth, Aryamanggala. 2011. Analisis Pengaruh Variasi Flywheel Terhadap Energi Kinetik Yang Mampu Disimpan Oleh Flywheel Pada Sistem Electro-Mechanical Kers. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November.

Cibulka, J. 2009. Kynetic Energy Recovery System by Means of Flywheels Energy Storage: Advance Engineering.

Mardiyanto, Wijoyo 2013," Perancangan Alat Uji Daya Motor Bakar Kendaraan Roda Dua Dengan Metode Moment Inerti": www. e-jurnal.com.

Muhammad Muhtada, 2014" Analisa Penyerapan Energi Kinetik Pada Berbagai variasi Kecepatan inersia Flywheel, Jurnal Rekayasa Mesin Vol, 5: www. e-jurnal.com

Soebyakto 2014, "Prototype Pembangkit Listrik Tenaga Ombak SistemOsilator". : www. e-jurnal.com

Sutrisno, 1984. "Fisika asar 2 Mekanika", Bandung: ITB Bandung.

Tipler, Paul A. 1998.

PlumX Metrics

Published
2017-10-30
How to Cite
[1]
R. Razali and S. Stephan, “RANCANG BANGUN MESIN PEMBANGKIT LISTRIK TANPA BBM BERKAPASITAS 3000 WATT DENGAN MEMANFAATKAN PUTARAN FLYWHEEL”, JME, vol. 6, no. 2, pp. 45-48, Oct. 2017.
Section
Articles