ANALISIS KINERJA PLTS 25 KWP DI GEDUNG LABORATORIUM RISET TERPADU LAHAN KERING KEPULAUAN UNDANA TERHADAP VARIASI BEBAN

  • Agusthinus S. Sampeallo(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Wellem F. Galla(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Fredyrick Mbakurawang(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: PLTS, Efisiensi Inverter, Variasi beban

Abstract

Sistem Pembangkit Energi Surya Laboratorium Riset Terpadu Lahan Kering Kepulauan UNDANA merupakan pembangkit Energi Surya dengan kapasitas 25 kWp yang dimanfaatkan oleh Laboratorium Lahan Kering untuk menyuplai energi listrik guna kegiatan praktikum mahasiswa dan kegiatan perkuliahan lapangan . Sistem pembangkit ini dilengkapi dengan sistem baterai yang akan bekerja apabila sel surya tidak mampu memenuhi kebutuhan beban. Sistem ini dilengkapi juga dengan tiga buah inverter. Namun, pada saat sistem beroperasi, hanya bekerja satu inveter saja, dikarenakan dua inverter lainnya mengalami kerusakan. Sejak sistem beroperasi sampai saat ini, belum pernah dilakukan analisis terhadap kinerja sistem sehingga belum diketahui apakah sistem pembangkit ini bekerja dengan baik dan efisien. Untuk itu dalam penelitian ini dilakukan analisis terhadap kinerja sistim dengan melakukan pengukuran- pengukuran terhadap daya output PV ( yang merupakan Input inverter ), output arus , tegangan inverter, output daya inverter, serta efisiensi inverter. Pengukuran dilakukan untuk tiga kondisi selama tiga hari, dengan diberikan variasi beban. Berdasarkan hasil pengukuran selama tiga hari, diperoleh hasil untuk kemampuan PLTS dalam mengoperasikan beban maksimal adalah 3.401 Watt pada hari ketiga ( D3 ), dengan rata- rata daya yang disuplai dari sistim PV adalah 4,1 kW dan daya output inverter yang diberikan ke beban rata- rata adalah 2,0 kW, efisiensi rata- rata inverter dalam mensuplai daya dari PV untuk beban adalah 58,59 %.Hal ini dikarenakan daya yang disuplai dari sistim PV disuplai tidak hanya pada beban lahan kering I dan II,tetapi juga akan disuplai pada sistem baterai.Sehingga daya dari sistim PV terbagi dua.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Agusthinus S. Sampeallo, Universitas Nusa Cendana

Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana

Wellem F. Galla, Universitas Nusa Cendana

Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana

Fredyrick Mbakurawang, Universitas Nusa Cendana

Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana

References

A Solikin, 2008, Penguji Pembangkit Listrik Tenaga Surya Dengan Posisi Plat Photovoltaic Horizontal,

Lubis, Abubakar dan Adjad Sudrajad. 2006. “Listrik Tenaga Surya Fotovoltaik”, BPPT Press, Jakarta, Marsudi Djiteng, 2005, Pembangkit Energi Listrik, Penerbit Erlangga ,Jakarta

Kadir, Abdul , 1987, ENERGI, Sumber Daya,Inovasi, Tenaga Listrik dan Potensi Ekonomi, Edisi II. Jakarta : UI-Press.

Sigalingging, Karmon, 1994, Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Bandung: Tarsito.

Manek, L. Y.Eka Kelana , 2005, Bahan Ajar Pembangkit Energi Alternatif, Kupang.

PT Surya Energi, Solar Power System, Gordon B. Davis, Margrethe H. Olson, 1984. Management Information Systems Conceptual Foundation,Structure and Development, McGraw Hill, Newyork.

Strong Steve J and William G Scheller. 1993. “ The Solar electric House” Chelsea Green ISBN 0-9637383-2-1,

Rehman, Shfiqur, Ibrahim EL-Amin. Performance evaluation of an off-grid photovoltaic system in Saudi Arabia. Center for Engineering Research Institute, King Fahd University Of Petroleum and Minerals, KFUPM Box 767, dahran 31261, Saudi Arabia. Depertement of Electrical Engineering, King Fahd university of Petroleum and Minerals, Dhahran 31261,SaudiArabia

PlumX Metrics

Published
2018-04-30
How to Cite
[1]
A. Sampeallo, W. Galla, and F. Mbakurawang, “ANALISIS KINERJA PLTS 25 KWP DI GEDUNG LABORATORIUM RISET TERPADU LAHAN KERING KEPULAUAN UNDANA TERHADAP VARIASI BEBAN”, JME, vol. 7, no. 1, pp. 13-21, Apr. 2018.
Section
Articles