HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU DENGAN PENANGANAN AWAL PADA BALITA DIARE DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BAKUNASE KOTA KUPANG NUSA TENGGARA TIMUR
PDF

Keywords

Pengetahuan, Sikap, Penanganan Awal, Diare

How to Cite

Mariani, A., E D, M., & Buntoro, I. (2019). HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU DENGAN PENANGANAN AWAL PADA BALITA DIARE DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BAKUNASE KOTA KUPANG NUSA TENGGARA TIMUR. Cendana Medical Journal (CMJ), 7(1), 7-12. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/CMJ/article/view/1459

Abstract

Penyakit diare merupakan salah satu penyebab utama morbiditas dan mortalitas pada anak di seluruh dunia terutama di negara-negara berkembang. Kematian akibat diare umumnya disebabkan karena dehidrasi. Hal ini dapat dicegah dengan penanganan awal yang baik dan benar. Berdasarkan Profil Kesehatan Indonesia 2015 kematian akibat diare terbanyak terjadi di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitain ini.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pengetahuan dan sikap ibu dengan penanganan awal pada balita diare di wilayah kerja Puskesmas Bakunase Kota Kupang pada bulan Desember tahun 2017. Metode penelitian ini adalah analitik observasional dengan rancangan cross sectional terhadap 68 orang ibu yang memiliki balita yang pernah menderita diare dan pernah berkunjung ke Puskesmas Bakunase  yang dipilih secara simpel random sampling. Pengukuran yang dilakukan yaitu melalui pengisian kuesioner. Hasil uji Korelasi Spearman/Spearman Rho dengan program SPSS 16 menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dan sikap ibu dengan penanganan awal pada balita diare dengan p value = 0,084 dan 0.115(>0,05).                                                                                                Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dan sikap ibu dengan penanganan awal pada balita diare di wilayah kerja Puskesmas Bakunase Kota Kupang.

PDF

References

1. Soebagyo. Diare Akut pada Anak. Surakarta.Universitas Sebelah Maret. 2008.

2. Nutrisiani F. Hubungan Pemberian Makanan Pendamping ASI (MP ASI) pada Anak Usia 0-24 Bulan dengan Kejadian Diare di Wilayah Kerja Puskesmas Purwodadi. Univ Muhammadiyah Surakarta. 2010.

3. Riset Riset Kesehatan Dasar. Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI.2013.

4. Profil Kesehatan Republik Indonesia. 2015.

5. Profil Kesehatan Kota Kupang. 2015.

6. IDAI. Diare pada Anak .2008.

7. Notoatmodjo S. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta. Rineka Cipta. 2010; 27-29.

8. Rahmah N. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Balita tentang Diare terhadap Tindakan Pemberian Cairan Rehidrasi Pada Anak Balita Diare, Studi Kasus Di Wilayah Kerja Puskesmas Patrang Kabupaten Jember). Universitas Jember. 2013.

9. Agusniarti DW.Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Dengan Kejadian Diare Pada Balita. Bengkulu. 2009.

10. Notoadmojo S. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta. Rineka Cipta. 2012.

11. Notoatmodjo S. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta. Rineka Cipta. 2003.

12. Azwar S .Sikap Manusia Teori Pengukuran, edisi kedua. Yogyakarta .Pustaka Pelajar. 2005.

13. Notoatmodjo S. Promosi Kesehatan dan Ilmu Prilaku. Jakarta. Rineka Cipta.2007
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.