PENGARUH LATIHAN TARIAN JA’I(NGADA TRADITIONAL DANCE) TERHADAP MEMORI JANGKA PENDEK MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA
Abstract
Fakultas Kedokteran menggunakan metode pembelajaran problem based learning (PBL) dengan menerapkan sistem perkuliahan Blok dengan adanya beberapa Blok dalam setiap semester dan ujian final di setiap akhir Blok sehingga mahasiswa Fakultas Kedokteran membutuhkan kualitas memori yang baik, khususnya memori jangka pendek. Aktivitas fisik terbukti dapat meningkatkan fungsi memori jangka pendek.Tarian Ja’i sebagai Dance Movement Therapy (DMT) termasuk ke dalam moderat aerobic exercise yang dapat meningkatkan fungsi memori jangka pendek. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh latihan tarian Ja’i terhadap memori jangka pendek mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana. Metode penelitian ini menggunakan quasi experimental dengan metode pre and post test with control group yang dilakukan pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendanaberusia 18-22 tahun (n=30) yang dipilih menggunakan simple random samplingmenjadi kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Latihan tarian Ja’i diberikan kepada kelompok perlakuan sebanyak 3 kali seminggu selama 3 minggu dengan durasi tiap sesi latihan 30 menit. Fungsi memori jangka pendek sebelum dan sesudah perlakuan diukur menggunakan tes digit span (subtest digit forward dan backward).Analisis data menggunakan uji t berpasangandan uji t tidak berpasangan. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan signifikan pada selisih skor pre-posttes digit span kelompok perlakuan dibandingkan dengan kelompok kontrol pada post tes 1 (p=0,032)danpost tes 4(p=0,001), sedangkan tidak terdapat perbedaan signifikan padapost tes 9(p=0,052). Kesimpulan penelitian ini menunjukkan pengaruh yang signifikan latihan tarian Ja’i terhadap memori jangka pendek pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana
Downloads
References
2. Wiyananti R, Wibowo S. Prototipe Sistem Blok Dalam Metode Pembelajaran Problem Based Learning (Studi Kasus di Fakultas Kedokteran Universtas Muhammadiyah Semarang). TechnoCOM. 2016;15(1):7–14.
3. Eriksson J, Vogel EK, Lansner A, Science C. Neurocognitive Architecture of Working Memory. Neuron. 2016;88(1):33–46.
4. Emad-Ul-Haq Q, Hussain M, Aboalsamh H, Bamatraf S, Malik AS, Amin HU. A Review on Understanding Brain, and Memory Retention and Recall Processes Using EEG and fMRI Techniques. Neurosciences. 2013;18(4):330–44.
5. Firdaus DT, Tursinawati Y, Kurniati ID. Senam Aerobik Intensitas Sedang Tingkatkan Memori Jangka Pendek Siswa SMK yang Diukur Menggunakan Nonsense Syllable Test. Medica Arter. 2019;1(1).
6. Koch S, Kunz T, Lykou S, Cruz R. Effects on Dance Movement Therapy and Dance on Health-related Psychological Outcomes: A Meta-Analysis. Arts Psychother. 2014;41(1):46–64.
7. Wibowo BY, Lestari DJ. Menari Sebagai Media Dance Movement Therapy (DMT). 2018;3(1):31–46.
8. Borhan ASM, Hewston P, Merom D, Kennedy C, Ioannidis G, Santesso N, et al. Effects of Dance on Cognitive Function Among Older Adults : a Protocol for Systematic Review and Meta-Analysis. Borhan al Syst Rev. 2018;7(1):1–5.
9. Doi YP. Studi Terhadap Perkembangan Gerak Tarian Ja’i Tradisional Mulai Tahun 1960 Sampai Dengan Tahun 2000. 2018;1–16.
10. Hanjani A, Laksono B, Indraswari DA. Pengaruh Olahraga Aerob Rutin Terhadap Memori Jangka Pendek Mahasiswa FK Undip yang Diukur dengan Scenery Picture Memory Test. Media Med Muda. 2015;4(4):379–88.
11. Sbordone J R, Saul E R, Purisch D A. Neuropsychology For Psychologists, Health Care, Professionals, And Attorneys. 3rd ed. CRC Press; 2007. 258 p.
12. Mir IA, Xin CC, Jabbar MA. Effectiveness of Aerobic Exercise and Meditation on Short-term Memory and Attention in Young University Students with Depression : A Randomized Control Trial. J Yoga Phys Ther. 2019;9(1):2.
13. Eisenkraemer RE, Jaeger A, Stein LM. A Systematic Review of the Testing Effect in Learning. Paidéia. 2013;23(56):397–406.
14. Altamirano LJ. Working Memory : Cognitive and Genetic Decomposition. Psychol Neurosci. 2016;
15. Mandolesi L, Polverino A, Montuori S, Foti F. Effects of Physical Exercise on Cognitive Functioning and Wellbeing: Biological and Psychological Benefits. Front Psychol. 2018;9(April):1–11.
16. Spencer SJ, Korosi A, Layé S, Shukitt-hale B, Barrientos RM. Food for Thought : How Nutrition Impacts Cognition and Emotion. npj Sci Food[Internet]. 2017;1(7). Available from: http://dx.doi.org/10.1038/s41538-017-0008-y
17. Nazeer M. Effect of Physical Training on Short Term Memory in School Going Rural Children. J Med Sci Res. 2018;2(4).
18. Qolby QN, Muniroh M, Maharani N. Pengaruh Latihan Skipping Rutin Terhadap Memori Jangka Pendek Dewasa Muda. J Kedokt Diponegoro. 2018;7(1):309–21.
19. Perini R, Bortoletto M, Capogrosso M, Fe A, Miniussi C. Acute Effects of Aerobic Exercise Promote Learning. Sci Rep. 2016;6(25440):1–23.
20. NHS. Memory and Concentration. Natl Heal Serv. 2019;1–9.
21. Hötting K, Schickert N, Kaiser J, Röder B, Schmidt-kassow M. The Effects of Acute Physical Exercise on Memory, Peripheral BDNF, and Cortisol in Young Adults. Neural Plast. 2016;10(1155):1–12.
22. Sarode DP, Mathie LD, Gao NP, Gray LI, Monaghan IJ, Preston AP, et al. A Sleep to Remember : The Effects of Sleep on Memory. Res Medica. 2013;21(1):1–13.
23. Xie W, Berry A, Lustig C, Deldin P, Zhang W. Poor Sleep Quality and Compromised Visual Working Memory Capacity. J Int Neuropsychol Soc. 2019;25(6):583–94.
Copyright (c) 2020 Cendana Medical Journal (CMJ)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.