PENGARUH SENAM ASHTANGA YOGA TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA
PDF

Keywords

Senam Ashtanga Yoga, Tingkat Stres, Mahasiswa Fakultas Kedokteran

How to Cite

Salean, T., Nurina, R., Wungouw, H., & Rambu Kareri, D. (2020). PENGARUH SENAM ASHTANGA YOGA TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA. Cendana Medical Journal (CMJ), 8(3), 178-184. https://doi.org/10.35508/cmj.v8i3.3486

Abstract

Stres merupakan kondisi yang dialami oleh manusia ketika kenyataan tidak sesuai dengan harapan yang diinginkan. Stres dapat disebabkan oleh beberapa faktor yaitu aktivitas yang tidak seimbang, tekanan dari dalam diri sendiri, dan perasaan cemas.Mahasiswa juga merupakan individu yang tidak terlepas dari stres terutama mahasiswa kedokteran, salah satu penyebabnya bersumber dari kehidupan akademiknya. Salah satu cara membantu manajemen stres dari segi non farmakologi adalah senam Ashtanga Yoga yang menggunakan prinsip pengendalian napas dalam setiap gerakan yoga, sehingga membuat penurunan tingkat stres seseorang. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis adanya Pengaruh Senam Ashtanga Yoga Terhadap Penurunan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Nusa Cendana.

Metode penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experimental dengan rancangan penelitian One GroupPre and Post Test Design yang dilakukan pada mahasiswaFakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana. Sampel diberikan intervensi senam Ashtanga Yoga dengan durasi waktu 60 menit, intensitas 3 kali seminggu selama 3 minggu. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random samplingdengan jumlah responden 23orang. Penelitian dianalisis secara univariat, bivariat menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian ini dari 23 responden, didapatkan hasil sebelum diberikan perlakuan senam Ashtanga Yoga, terdapat 4 orang (17,4%) yang mengalami stres ringan, 12 orang (52,2%) yang mengalami stres sedang, dan 7 orang (30,4%) yang mengalami stres berat dan sesudah diberikan perlakuan senam Ashtanga Yoga, terdapat 16 orang (69,6%) yang tidak stres, 5 orang (21,7%) yang mengalami stres ringan, 1 orang (4,3%) yang mengalami stres sedang, dan 1 orang (4,3%) yang mengalami stres berat. Hasil analisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test, didapatkan nilai p = 0,000 atau p< 0,05. Kesimpulan  penelitian ini terdapat  pengaruh yang signifikan senam Ashtanga Yoga terhadap penurunan tingkat stres mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana

https://doi.org/10.35508/cmj.v8i3.3486
PDF

References

1. Zannah M. Gangguan Stres Pasca Trauma Gagal Untuk Menikah: Studi Fenomenologi Terhadap Seorang Perempuan Yang Mengalami Stres Pasca Trauma Gagal Untuk Menikah. Univ Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim [Internet]. 2013;69–78, 87-97,. Available From: Http://Etheses.Uin-Malang.Ac.Id/1829/

2. Isnan, Mu’ammar, Ismansyah IS. Pengaruh Gerakan Yoga Terhadap Tingkat Stres Pada Mahasiswa Semester Akhir Di Stikes Muhammadiyah Samarinda. 2016;

3. Aini F, Putu L, Septi D, Kd D, Novitasari D, Kunci K. Pengaruh Senam Yoga Terhadap Tingkat Stres Pada Remaja Dalam Persiapan Menghadapi Ujian Nasional. STIKES Ngudi Waluyp Ung Jlgedongsongo Candirejo Ung Barat. 2016;IX(2).

4. Sutjiato M, Tucunan Gdkaat. Hubungan Faktor Internal Dan Eksternal Dengan Tingkat Stress Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. J Psikol Unsrat. 2015;5(1):30–42.

5. Kebijakan Pendidikan Kedokteran Di Indonesia. Pengkajian, Pengolah Data Dan Inf Sekr Jenderal DPR RI. 2012;IV(08).


6. Tuto YYI. Hubungan Tingkat Stres Dengan Tingkat Sindroma Premenstruasi Pada Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana. 2019;

7. Wahyudi R, Bebasari E, Nazriati E. Gambaran Tingkat Stres Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau Tahun Pertama. Jik. 2015;9(2):107–13.

8. Pratama KD. Perbedaan Heart Rate Variability Pada Mahasiswa Anggota Dan Bukan Anggota UKM Basket Di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.Univ Muhammadiyah Yogyakarta. 2016;3(September).

9. Duri Kartika C. Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Stres Akademik Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.Univ Muhammadiyah Surakarta [Internet].2015;(1994):8–43. Available From: Http://Eprints.Ums.Ac.Id/37501/6/BAB II.Pdf

10. Diananda A. Psikologi Remaja Dan Permasalahannya. J Istighna. 2019;1(1):116–33.

11. Mahmud R, Uyun Z. Studi Deskriptif Mengenai Pola Stres Pada Mahasiswa Praktikum. J Indig. 2016;1(2):52–61.

12. Perbedaan Tingkat Stres Anatra Laki-Laki Dan Perempuan Pada Peserta Yoga Di Kota Denpasar. Article. 2016;8.

13. Suwartika I, Nurdin A, Ruhmadi E. Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stress Akademik Mahasiswa Reguler Program Studi D Iii Keperawatan Cirebon Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya. Soedirman J Nursing) [Internet]. 2014;9(3):173–89. Available From: Http://Jks.Fikes.Unsoed.Ac.Id/Index.Php/Jks/Article/Viewfile/612/337

14. Maehle G. Ashtanga Yoga: Practice And Philosophy. 2006. 307 P.

15. Streeter CC, Theodore HW, Owen L, Rein T, Karri SK, Yakhkind A, Et Al. Effects Of Yoga Versus Walking On Mood, Anxiety, And Brain GABA Levels: A Randomized Controlled MRS Study. J Altern Complement Med. 2010;16(11):1145–52
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.