HUBUNGAN GAYA BELAJAR VARK (VISUAL, AUDITORI, READ-WRITE DAN KINESTETIK) DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN
Abstract
Persentase kelulusan perlu diperhatikan untuk meningkatkan jumlah dokter yang berkualitas di Indonesia. Meningkatkan prestasi akademik mahasiswa adalah salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mengetahui gaya belajar. Gaya belajar akan mempengaruhi prestasi akademik (IPK). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan gaya belajar VARK dengan tingkat prestasi akademik mahasiswa. Metode penelitian ini menggunakan analitikal observasional dengan rancangan cross sectional pada mahasiswa preklinik FK UNDANA dilakukan dengan kuesioner VARK versi 7.0 dan data sekunder diperoleh melalui nilai IPK terakhir mahasiswa FK UNDANA angkatan 2017, 2018, dan 2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan proposionate stratified random sampling berjumlah 156 orang yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Penelitian ini dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji contingency coeffisient. Hasil penelitian ini dari 156 responden, gaya belajar kinestetik sebanyak 68 orang (43,58%), gaya belajar Auditori:55 orang (35,25%), gaya belajar read-write:22 orang (14,10%) dan gaya belajar visual:11 orang (7,05%). Hasil uji analisis bivariat diperoleh hasil r=0.829 dan nilai p=0,829 (p>0,05). Artinya satu gaya belajar tidak dapat membentuk prestasi akademik yang maksimal, tetapi bagaimana seseorang dapat menggunakan gaya belajar yang diketahui sesuai dengan metode atau jenis pembelajaran yang dijalani. Kesimpulan penelitian ini tidak ada hubungan antara gaya belajar VARK dengan prestasi akademik mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana.
Downloads
References
2. Suswanti, Irma. Validitas Prediktif Hasil Belajar Mahasiswa Kedokteran dengan Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter.8485-23671-6-PB, 2019;15(1).
3. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan. Potret Pendidikan Kedokteran di Indonesia : Refleksi Upaya Penjaminan Mutu. 2018.
4. Syarifuddin A. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Ta’dib. 2011;16(01):113–36.
5. Rahmawati E, Saputra O, dan Saftarina F. Hubungan Gaya Belajar terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung, Association of Learning Styles with Grade Point Average ( GPA ) Medical Students of Lampung University. Medula. 2018;8(April):7–11.
6. Lubis SA, Pertiwi MD, dan Batubara SS. Hubungan Gaya Belajar Dengan Tingkat Prestasi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara Angkatan Tahun 2013. Best J (Biology Educ Sains Technol. 2018;1(2):53–63.
7. Hsiao I-C, Baines E. The Asian Conference on Education 2013 Official Conference Proceedings ISSN : 2186-5892. Asian Conf Educ. 2013;1–18.
8. Lidia, Kartini..,dkk. Panduan Akademik Fakultas Kedokteran 2018/2019. Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana:Kupang. 2018.
9. Karlina, Ashyar, Asrial. Pengaruh model pembelajaran pbl muatan lokal dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi klasifikasi di kelas VII SMP. Jurnal Edu-Sains. 2014;3(2):8-11.
10. Mar’ah, Anisatul. Gaya Belajar dan Faktor Pengarunya terhadap Pencapaian Prestasi Belajar IPA Terpadu Siswa Kelas VIII MTs Sultan Fatah Gaji Guntur Demak Tahun Pelajarn 2015/2016 [Skripsi]. Pendidikan Biologi Fakultas Ilmu Tarbiah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. 2015.
11. Rahmayani, Irama. Pengaruh Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Kedokteran Universitas Hasanuddin Angkatan 2016 [skripsi]. Fakultas kedokteran. Makasar: Universitas Hasanuddin. 2017.
12. Abdillah, Ramadhan., Pamungkasari, Eti., Damayanti, Kusmadewi. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret surakarta. Nexus pendidikan kedokteran dan kesehatan. 2017;1(6):59-66.
13. Riezky A. K, Sitompul A. Z. Hubungan Motivasi Belajar dengan Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama. Jurnal aceh medika 2017;1(2):79-86.
14. Daryanti M. S. Hubungan Lingkungan Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal kebidanan dan keperawatan. 2016;1(12):84-89.
Copyright Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.