HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERISTAS NUSA CENDANA
pdf (Bahasa Indonesia)

How to Cite

Kintan, N. P. K. P., Kareri, D. G. R., Rante, S. D. T., & Folamauk, C. (2021). HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERISTAS NUSA CENDANA. Cendana Medical Journal (CMJ), 9(1), 24-29. https://doi.org/10.35508/cmj.v9i1.4930

Abstract

Menurut World Health Organization (WHO) memperkirakan pada tahun 2020 kecemasan akan menyumbang sekitar 15% dari angka kesakitan di dunia. Mahasiswa Fakultas Kedokteran lebih rentan mengalami gangguan cemas pada program studi pendidikan yang padat dan kompleks. Banyaknya konflik yang ada akan menstimulasi munculnya kecemasan sehisngga dapat berdampak bagi proses pencapaian prestasi mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan tingkat kecemasan dengan prestasi akademik mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana. Metode  penelitian ini menggunakan penelitian analitikal observasional dengan rancangan cross sectional yang dilakukan pada mahasiswa preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana dengan cara pengisian kuesioner Hamilton Rating Scale for Anxiety (HARS). Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling dengan jumlah responden 143 orang dari angkatan 2017, 2018 dan 2019 yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Penelitian dianalisis secara univariat, bivariat menggunakan uji Somer’s d. Hasil penelitian dari 143 responden, didapatkan 23,8% mahasiswa kecemasan berat, 33,6% kecemasan sedang, 23,1% kecemasan ringan, dan 19,6% tidak ada kecemasan. Hasil uji analisis bivariat pada penelitian ini diperoleh hasil p=0,001 (p<0,05). Mahasiswa dengan tingkat kecemasan sedang dan berat lebih banyak pada kategori IPK sangat memuaskan dan mahasiswa dengan tingkat kecemasan ringan dan tidak ada kecemasan lebih sedikit pada kategori IPK dengan pujian. Kecemasan yang tinggi akan mempengaruhi kinerja memori, menurunkan daya ingat, dan mengganggu konsentarsi belajar mahasiswa. Hal ini, dapat berdampak pada pencapaian prestasi belajar mahasiswa yang rendah. Kesimpulan penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat kecemasan dengan prestasi akademik mahasiswa Fakultas Kedokteran Univeritas Nusa Cendana.

https://doi.org/10.35508/cmj.v9i1.4930
pdf (Bahasa Indonesia)

References

1. Lestari, Tri. Kebijakan Pendidikan Kedokteran di Indonesia. Konsil Kedokteran Indonesia. 2012 April; IV(08).

2. Goleman D. Kecerdasan Emosional untuk Mencapai Puncak Prestasi Jakarta: Gramedia; 1999.

3. Barikani A. Anxiety in Medical Students. Journal of Medical Education. 2009; 11(1).

4. Quek, T. T., Tam, W. W., Tran, B. X., Zhang, M., Zhang, Z., Ho, C. S., & Ho, R. C. The Global Prevalence of Anxiety Among Medical Students: A Meta-Analysis. International journal of environmental research and public health. 2019 31 July; XVI(15).

5. Aimul Hidayat A.A.. Metode Penelitian Kesehatan Paradigma Kuantitatif. In. Jakarta: Health Books; 2010.

6. Sadock, BJ., Sadock, V.A. dan Kaplan & Sadock's. Gangguan Pervasif dalam : Buku Ajar Psikiatri Klinis. 2nd ed. Jakarta: EGC; 2010.

7. Thinagar, M., Westa, W.. Tingkat kecemasan mahasiswa kedokteran Universitas Udayana dan implikasinya pada hasil. Intisari Sains Medis. 2017; VIII(3).


8. Daradjat Z. Kesehatan Mental Jakarta: PT. Bank BPD Jawa Tengah Cabang Surakarta : Gunung Agung; 1988.

9. Mirulalini W. Tingkat Kecemasan Mahasiswa Kedokteran Universitas Udayana dan implikasinya pada hasil ujian. Intisari Sains Medis. 2017; VII(3).

10. Vera Talitha. Hubungan antara Kecemasan dengan Prestasi Belajar Matematika Materi Volume Kubus dan Balok pada Siswa Kelas V SDN Catur Tunggal1.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendididkan. Universitas Sanata Dharma. 2018.
Copyright (c) 2021 authors