HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN DI NUSA TENGGARA TIMUR
pdf (Bahasa Indonesia)

How to Cite

Kapitan, I. K., Kareri, D. G. R., & Amat, A. L. S. (2021). HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN DI NUSA TENGGARA TIMUR. Cendana Medical Journal (CMJ), 9(1), 64-71. https://doi.org/10.35508/cmj.v9i1.4937

Abstract

Prestasi akademik merupakan perubahan dalam hal kecakapan tingkah laku ataupun kemampuan yang dapat bertambah selama beberapa waktu yang tidak di sebabkan proses pertumbuhan, tetapi adanya situasi belajar sehingga di pandang sebagai bukti usaha yang diperoleh mahasiswa. Salah satu cara untuk meningkatkan prestasi seseorang adalah dengan meningkatkan motivasi belajar. Motivasi adalah faktor yang penting karena hal tersebut merupakan keadaan yang mendorong seseorang untuk melakukan proses belajar. Motivasi yang tinggi diharapkan akan menimbulkan semangat untuk belajar dan akan menghasilkan prestasi yang baik yang pada akhirnya akan menjadi lulusan yang berkualitas dan professional. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi akademik mahasiswa Fakultas Kedokteran di Nusa Tenggara Timur, Universitas Nusa Cendana. Metodologi penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional menggunakan desain cross sectional. Sampel dalam penelitian adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana angkatan 2019 berjumlah 56 responden. Motivasi belajar diukur dengan kuesioner motivasi belajar yang telah divalidasi dan prestasi belajar diambil dari Indeks Prestasi Kumulatif terakhir. Analisis data menggunakan uji korelasi Spearman. Hasil pengukuran sebanyak 2 responden (3,6%) memiliki motivasi rendah, 29 responden (51,8%) memiliki tingkat motivasi yang cukup, 23 responden (41,1%) memiliki motivasi yang tinggi, dan 2 responden (3,6%) memiliki tingkat motivasi yang sangat tinggi. Hasil penelitian sebanyak 7 responden (12,5%) dengan IPK sangat memuaskan atau berada pada rentang 2,75 s/d 3,49, dan sebanyak 49 responden (87,5%) memiliki IPK dengan pujian atau berada pada rentang 3,50 s/d 4,00. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan prestasi akademik mahasiswa (p=0, 109).

https://doi.org/10.35508/cmj.v9i1.4937
pdf (Bahasa Indonesia)

References

1. Widodo, DA. Penerapan Metode Course Review Horay Dan Metode Ceramah Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Ekonomi Pada Kelas VII D SMP Al-Islam Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013.2013

2. Suprihatin, Siti. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro. 2015;3.

3. Setyorini, Desy. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Studi Kasus Pada Program Studi Teknik Sipil Institut Sains Dan Teknologi Al Kamal Jakarta. Jurnal Akrab Juara. 2018;3(1).

4. Wati, Rina. Hubungan Antara Motivasi Belajar Mahasiswa, Kualitas Pelayanan Dosen Dan Karyawan Serta Ketersediaan Fasilitas Belajar Dengan Prestasi Belajar. 2009;

5. Yusuf, Muhammad. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Indeks Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Unsyiah Banda Aceh. Idea Nursing Journal. 2013;4(3).
6. Puriani, Risma Anita. Hubungan penyesuaian diri di perguruan tinggi dengan Indeks Prestasi Kumulatif mahasiswa bimbingan dan konseling FKIP Universitas Sriwijaya. Konseling Komprehensif. 2017;4(2):1–7.

7. Agustina D, Vera Y, Maryaningsih. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Dengan Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Fisioterapi STIKes Siti Hajar Medan Tahun 2018. Gentle Birth. 2019;2(1).

8. Riezky AK, Sitompul AZ. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama. Journal Aceh Medika [Internet]. 2017;1(2):79–86.Available from: http://jurnal.abulyatama.ac.id/acehmedika

9. Rafiqah Mar’atur. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar. 2013;1:9.

10. Emda A. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. 2018;5(2):172.

11. Pinyopornpanish M, Sribanditmongkok P, Boonyanaruthee V, Chan-Ob T, Maneetorn N, Uuphanthasath R. Factors Affecting Low Academic Achievement Of Medical Students In The Faculty Of Medicine, Chiang Mai University. Vol. 43, Chiang Mai Med Bull. 2004.

12. Afzal H, Ali I. A Study of University Students Motivation and It’s Relationship with Their Academic Performance. SSRN Electron Journal. 2017.
13. Alimuddin, Mubin M.F, Sayono. Hubungan Motivasi Menjadi Perawat dengan Prestasi Akademik pada Mahasiswa S1 Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Semarang. FIKkeS [Internet]. 2013;6(2):108–18. Available from: https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/FIKkeS/article/view/1879

14. Konsil Kedokteran Indonesia. Standar Kompetensi Dokter. Jakarta: Konsil Kedokteran Indonesia. 2012

15. Noraini. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Manajemen Diri Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Reguler Mandiri Prodi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2011 FKIP Universitas Jambi. Repository FKIP Universitas Jambi. 2016;46–63.

16. Saona R. Hubungan Antara Kebiasaan Belajar dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Ngaglik Sleman [Internet]. 2018 [cited 2020 Sep 29]. Available from: http://repository.usd.ac.id/31089/2/141334006_full.pdf

17. Adityaningrum, Shabrina Wista. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti. 2013.

18. Catur, M Marliando. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Prestasi Akademik pada Mahasiswa Kedokteran Tahap Preklinik. 2018;6(2):109–16.

19. P Daneisha Kartika. Perbedaan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Pendidikan Dokter Tahun Pertama yang Bertempat Tinggal dengan Orang Tua dan Kost di Fakultas Kedokteran UNS. :1–9. 2015.

20. Oktarisa Fidia, Yusra Z. Perbedaan Prestasi Akademik Ditinjau Dari Coping Stress Dan Jenis Kelamin Pada Pers Mahasiswa. Rap Unp [Internet]. 2015;6(2):136–45. Available from: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/psikologi/article/view/6617

21. Adixie Axell Arrixavier, Ni Made Swasti Wulanyani. Peran fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi di Universitas Udayana [Internet]. 2019. [cited 2020 Nov 30]. Available from: https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/56152/34488

22. Nurul Lady Choirunisa, Adijanti Marheni. Perbedaan motivasi berpretasi dan dukungan sosial teman sebaya antara mahasiswa perantau dan non perantau di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana [Internet]. 2017. [cited 2020 Nov 30]. Available from: https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/48621/28937

23. Harun, Nor Farida & Mohd-Yusof, Khairiyah & Jamaludin, Mohammad & Helmi, Syed. (2012). Motivation in Problem-based Learning Implementation. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 56. 233-242. 10.1016/j.sbspro.2012.09.650.
Copyright (c) 2021 authors