HUBUNGAN STUDY FROM HOME TERHADAP TINGKAT STRES MAHASISWA KEDOKTERAN SAAT PANDEMI COVID-19 DI NUSA TENGGARA TIMUR
Abstract
Kebijakan belajar dari rumah (Study from Home) merupakan suatu tindakan dalam mencegah penyebaran infeksi COVID-19 serta memutus rantai penyebaran COVID-19 pada mahasiswa, tenaga pendidik dan kependidikan. Penerapan Study from Home secara mendadak menimbulkan berbagai kendala yang belum dipersiapkan secara matang. Tekanan dan kesulitan akibat tuntutan akademik dan kendala yang dihadapi dalam perubahan metode pembelajaran ini kemungkinan dapat menimbulkan stres pada mahasiswa kedokteran. Stres dapat memberikan dampak pada mahasiswa yaitu, depresi, ketidakmampuan dalam akademik, prestasi yang menurun, kinerja dalam akademik yang berkurang, status kesehatan yang mengalami penurunan, gangguan tidur, menurunnya kemampuan memecahkan masalah, dan keterlibatan interaksi yang menurun. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan study from home terhadap tingkat stres mahasiswa kedokteran saat pandemi COVID-19 di Nusa Tenggara Timur. Metode penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 143 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner Study From Home untuk mengukur pelaksanaan study from home dan kuesioner Perceived Stress Scale (PSS) untuk mengukur tingkat stres. Analisis data yang digunakan adalah uji korelasi Rank Spearmen’s. Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa secara statistik terdapat hubungan yang bermakna (p=0,000) antara study from home dengan tingkat stres pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana. Kesimpulan penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan (p=0,000) antara study from home dengan tingkat stres pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana saat pandemi COVID-19.
Downloads
References
2. Lai CC, Liu YH, Wang CY, Wang YH, Hsueh SC, Yen MY, Ko WC, Hsueh PR. Asymptomatic Carrier State, Acute Respiratory Disease, and Pneumonia Due To Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) : Facts and Myths.Journal of Microbiology, Immunology, and Infection; 2020; 53. p. 405.
3. Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. 4.Mengurangi Kontak Antarwarga (Social Distancing) [Internet]. Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Jakarta; 2020. Available from: https://covid19.go.id/edukasi/masyarakat-umum/mengurangi-kontak-antar-warga-social-distancing
4. Presiden Republik Indonesia. 5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2020 Tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Jakarta; 2020.
5. Ansori MH. 6. Asesmen dan Mitigasi Konflik di Tengah Pandemi COVID-19 di Indonesia. Habibie Cent THC Insights [Internet]. 2020;(16):2. Available from: www.habibiecenter.or.id
6. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 7. Surat Edaran Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19) di Perguruan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. [Internet]. Jakarta; 2020. Available from: http://lldikti3.kemdikbud.go.id/v6/wp-content/uploads/2020/04/Surat-Edaran-Direktorat-Jenderal-Pendidikan-Tinggi-Kemdikbud-Nomor-1-Tahun-2020-3.pdf
7. Zhafira NH, Ertika Y, Chairiyaton. 8.Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. J Bisnis dan Kaji Strateg Manaj [Internet]. 2020;4(1):37–45. Available from: http://jurnal.utu.ac.id/jbkan/article/view/1981
8. Irawati DY, Jonatan. 9. Evaluasi Kualitas Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 : Studi Kasus di Fakultas Teknik , Universitas Katolik Darma Cendika. J Rekayasa Sist Ind. 2020;9(2):135–43.
9. United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO). (2020). 290 Million Students Out of School Due to COVID-19: UNESCO Releases First Global Numbers and Mobilizes Response. https://en.unesco.org/news/290-million-students-out-school-due-covid-19-unesco-releases-first-global-numbers-and-mobilizes.
10. Gamayanti W, Mahardianisa, Syafei I. 14. Self Disclosure dan Tingkat Stres pada Mahasiswa yang sedang Mengerjakan Skripsi. PSYMPATHIC J Ilm Psikol. 2018 Jun 30;5(1):120.
11. Tim Penyusun Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana. 15. Panduan Akademik Fakultas Kedokteran 2017/2018. Kupang: Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana; 2017. 1–62 p.
12. Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit. 16.Pedoman Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial pada Pandemi COVID-19 [Internet]. Direktorat Pencegahan Dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa Dan Napza. 2020. Available from: https://www.kemkes.go.id/article/view/20043000003/pedoman-dukungan-kesehatan-jiwa-dan-psikososial-pada-pandemi-covid-19.html
13. Marshall LL, Allison A, Nykamp D, Lanke S. 17.Perceived Stress and Quality of Life Among Doctor of Pharmacy Students. Am J Pharm Educ [Internet]. 2008;72(6). Available from: http://www.psy.cmu.edu:16080/;scohen.
14. Talib N, Zia-ur-Rehman M. 18.Academic performance and perceived stress among university studentsAcademic performance and perceived stress among university students. Educ Res Rev. 2012;7(5):127–32.
15. Jayanthi P, Thirunavukarasu M, Rajkumar R. 19.Academic Stress and Depression among Adolescents: A Cross-sectional Study. INDIAN Pediatr [Internet]. 2015;52:217. Available from: http://clinicaltrials.gov/ct2/.
16. Carton ST, Goodboy AK. 20.College Students’ Psychological Well-Being and Interaction Involvement in Class. Commun Res Reports. 2015 Apr 3;32(2):180–4.
17. Agteren J van, Woodyatt L, Iasiello M, Rayner J, Kyrios M. 21.Make It Measurable: Assessing Psychological Distress, Wellbeing and Resilience at Scale in Higher Education. Student Success J. 2019;10(3):1–13.
18. Ramadhan K, Carolina JM, Lisiswanti R. 22.Hubungan Tingkat Stres dengan Frekuensi Merokok Mahasiswa Kedokteran Universitas Lampung. Medula. 2017;7(5):120.
19. Prabamurti GA. 23.Analisis Faktor-Faktor Pemicu Level Stres Akademik Mahasiswa Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta. Surakarta; 2019. p. 3.
20. Kusnayat A, Muiz MH, Sumarni N, Mansyur AS, Zaqiah QY. 24.PENGARUH TEKNOLOGI PEMBELAJARAN KULIAH ONLINE DI ERA COVID-19 DAN DAMPAKNYA TERHADAP MENTAL MAHASISWA. 2020;1:160–3.
21. Pardamean E. Lazuardi M. Hubungan Jenis Kelamin dengan Stres Psikologis Pada Siswa-Siswi kelas XI Jurusan IPA di SMA X Tangerang. Nursing Current. Vol 7. No 1. Januari 2019-Juni 2019.
22. Suwartika I. Nurdin A. Ruhmadi E. Analisis Faktor Yang Berhubungan dengan Tingkat Stress Akademik Mahasiswa Reguler Program Studi D III Keperawatan Cirebon POLTEKKES KEMENKES Tasikmalaya. Jurnal Keperawatan Soedirman. Vol 9. No 3. Juli 2014.
23. Setiawan AR. 44. Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19). Edukatif J Ilmu Pendidik [Internet]. 2020;2(1):29. Available from: https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
24. Mas’udi W, Winanti PS, editors. 47. Tata Kelola Penanganan COVID-19 di Indonesia. D.I. Yogyakarta:GadjahMada University Press Anggota IKAPI dan APPTI; 2020. 132–135 p.
25. Handarini O. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi COVID 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran.Vol 8. No 3. 2020
26. Hikmat. Kermawan E. Aldim.Irwandi.Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi COVID-19:Sebuah Survey Online. Karya Tulis Ilmiah Masa Work From Home (WFH) COVID-19. UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 2020
27. Putri RM, Oktaviani AD, Utami AS, Maturrohmah N , Addiina HA, Nisa H.Hubungan Pembelajaran Jarak Jauh dan Gangguan Somatoform dengan Tingkat Stres Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Perilaku dan Promosi Kesehatan: Indonesian Journal of Health Promotion and Behavior.2020; 2(1): 43.
28. Fuad F. Hubungan Antara Penyesuaian Diri di Perguruan Tinggi dan Stres Psikologis Pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.Skripsi.Jakarta. Universitas Indonesia. 2013.
29. Wulandari RP. 70.Hubungan Tingkat Stres dengan Gangguan Tidur pada Mahasiswa Skripso di Salah Satu Fakultas Rumpun Science - Technology UI. J Fak Ilmu Keperawatan Univ Indones. 2012;69.
30. Rahmayani RD, Liza RG, Syah NA. Gambaran Tingkat Stres Berdasarkan Stressor pada Mahasiswa Kedokteran Tahun Pertama Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Angkatan 2017. Jurnal Kesehatan Andalas. 2019; 8(1): 108.
Copyright Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.