HUBUNGAN DEPRESI DENGAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI ARSITEKTUR
Abstract
Tuntutan akademik yang tinggi berupa tugas-tugas yang banyak dan deadline yang singkat dapat menyebabkan depresi pada mahasiswa Arsitektur. Depresi tersebut dapat menyebabkan gangguan dalam pengolahan informasi sehingga dapat mengakibatkan kesulitan dalam proses belajar dan pelaksaaan tugas akademik. Kesulitan dalam proses belajar tersebut dapat mempengaruhi Indeks Prestasi Kumulatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan depresi dengan Indeks Prestasi Kumulatif. Metode yang digunakan adalah analitikal observasional dengan rancangan cross sectional pada mahasiswa Aristektur UNDANA yang dilakukan dengan pengisian kuesioner BDI II dan data sekunder diperoleh melalui nilai IPK terakhir mahasiswa Arsitektur UNDANA yaitu angkatan 2016, 2017, 2018, dan 2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling dengan jumlah 154 orang yang memenuhi kriteria inklusi,ekslusi dan dropout. Penelitian ini dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji somer’d. Hasil dari 154 responden, kategori normal sebanyak 24 orang (15,6 %), derpesi ringan sebanyak 41 orang (26,6%), depresi sedang sebanyak 59 orang (38,3%) dan depresi berat sebanyak 30 orang (19,5%). Hasil uji analisis bivariat pada penelitiaan ini diperoleh hasil p = 0,847 (p > 0,05). Kesimpulan penelitian ini tidak ada hubungan antara depresi dengan IPK pada mahasiswa Arsitektur UNDANA
Downloads
References
2. World Health Organization. Depression and Other Common Mental Disorders [internet]. 2017 [cited 20 Mei 2020]. Available from:
https://apps.who.int/iris/bitstream/handle/10665/254610/WHO-MSD-MER-2017.2-eng.pdf&ved
3. World Health Organization. Depression [internet]. 2018 [cited 2020 Mei 2020]. Available from:
https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/depression.html.
4. Kementerian Kesehatan RI. Riset Kesehatan Dasar: RISKESDAS. Jakarta: Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. 2018.
5. American Psycological Association. Student under pressure[nternet]. 2014. [cited 18 Juni 2020]. Avalaible from: http://www.apa.org/monitor/2014/09/cover-pressure.aspx.
6. Architects Journal.Mental health problems exposed by AJ Student Su ArchitectsJournal [internet]. 2016 [cited 20 Mei 2020]. Available from https://www.architectsjournal.co.uk/news/mental-health-problems-exposed-by-aj-student-survey-2016/10009173..
7. Zuama, SN. Kemampuan Mengelola Stress Akademik Pada Mahasiswa Yang Sedang Skripsi Angkatan 2009 Program Studi PG Paud.
8. Aryani, F. Stress Belajar : Suatu Penddekatan Intervensi Konseling. Makassar: Edukasi Mitra Grafika. 2016.
9. Oktaviano, CAR.Hubungan Tingkat Depresi Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan Universitas Trisakti[Skripsi]. Program Pendidikan Sarjana Kedokteran : Universitas trisakti . 2016.
10. Hegenauer, J.Stress Depression And AxietyIn Undergraduate Engineering And Architecture Student . Conference paper : University of Hartford.2018
11. Lingtang, A. Hubungan Adiksi Internet Dengan Depresi Pada Mahasiswa Kedokteran. Program Studi Pendidikan Dokter : Universitas Nusa Cendana. 2021
12. Binti, SAF.Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pembelajaran Terhadap Nilai Indeks Prestasi Koulatif (IPK) Mahasiswa Angakatan 2014. [Skripsi]. Program Studi Pendidikan Dokter : Universitas Hassanundin . 2017.
13. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Indeks Prestasi Kumulatif Mahaiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama. Jurnal aceh medica 1(2) 79-86. 2017.
14. Dwiandini, RP dan Indriani, Y. Hubungan Antara Dukungan Sosial Significant Others Dengan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Rantau Anggota Himpunan-Himpunan Daerah Sumatera Barat Di Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal empati 1(7) 84-91 . 2018.
15. Khairunissa, AD. Upaya Pendekatan Tingkat Depresi pada Mahasiswa FK UNS Ditinjau Dari Sudut Pandang Domisili.
16. Kedang, EFS. Analisis Faktor Risiko Yang Mempengaruhi Kejadian Depresi Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana. Pogram Studi Pendidikan Dokter : Universitas Nusa Cendana. 2020.
Copyright Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.