Hubungan Self Directed Learning Readiness Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana

  • Yohanes Baptista(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Elisabeth Levina Sari Setianingrum(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Maria Agnes Etty Dedy(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • Dyah Gita Rambu Kareri(4)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author

Abstract

Kesiapan belajar mandiri atau Self Directed Learning Readiness (SDLR) merupakan merupakan suatu kesiapan individu meliputi sikap, kemampuan, dan karakter personal yang diperlukan dalam pembelajaran mandiri. Pemahaman mengenai SDLR sangat diperlukan guna menunjang prestasi belajar. Prestasi belajar merupakan hasil belajar yang dicapai setelah melalui proses kegiatan belajar mengajar yang dapat dilihat melalui indeks prestasi. Tujuan penelitian ini menganalisis hubungan antara Self Directed Learning Readiness (SDLR) dengan prestasi belajar pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana. Metode penelitian ini merupakan penelitian analitikal observasional dengan rancangan cross sectional yang dilakukan pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana menggunakan kuesioner The Self-Directed Learning Readiness Scale Fisher et al (2001) dan data IPS semester genap tahun ajaran 2019/2020 mahasiswa angkatan 2017, 2018, 2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling dengan jumlah responden 69 orang yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Penelitian dianalisis secara univariat, bivariat menggunakan uji korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 38 mahasiswa (55,07%) memiliki SDLR tinggi, 31 mahasiswa (44,92%) dengan SDLR sedang dan tidak ada yang memiliki SDLR rendah, selain itu diapatkan hasil bahwa terdapat 59 mahasiswa (85,50%) dengan IPS dengan pujian, 10 mahasiswa (14,49%) dengan IPS sangat memuaskan dan tidak ada mahasiswa dengan IPS memuaskan. Hasil uji analisis bivariat pada penelitiaan ini diperoleh hasil p=0,515 (p>0,05). Kesimpulan penelitian ini tidak terdapat hubungan yang signifikan antara Self Directed Learning Readiness (SDLR) dengan prestasi belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Surbakti BSE. Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Self Directed Learning Readiness Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung ; 2017.
2. Meity N, Prihatiningsih TS, Suryadi E. Penerapan Self-Directed Learning Melalui Sistem PBL Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran di Asia: Suatu Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia. 2017;6 (3):133– 40.
3. Nyambe H, Rahayu GR. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Self Directed Learning Readiness pada Mahasiswa Tahun Pertama, Kedua, dan Ketiga di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin dalam PBL. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia 2016;5 (2) : 67–77.
4. Faizah SRI, Pamungkasari EP, Randita ABT. Hubungan Antara Self-Directed Learning Readiness (Sdlr) Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Nexus Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan 2016;5(1):20– 32.
5. Pasambo TA, Indah PK demak. Hubungan Self Directed Learning Readiness Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Tahun Pertama Program Studi Pendidikan Dokter FKIK UNTAD. Jurnal Ilmiah Kedokteran. 2016;3(2):31– 9.
6. Shokar GS, Shokar NK, Romero CM, Bulik RJ. Self Directed Learning: Looking at Outcomes with Medical Students. Family Medicine. 2002;34(3):197–200.
7. Örs M. The self-directed learning readiness level of the undergraduate students of midwife and nurse in terms of sustainability in nursing and midwifery education. Sustainability. 2018;10(10):1–14.
8. Fatmawati D, Malik R. Hubungan antara Self Directed Learning Readiness ( SDLR ) dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2015. Tarumanegara Medical
Journal 2019;2(1):27–31.
9. Fisher M, King J, Tague G. Development of a self-directed learning readiness scale for nursing education. Nurse Education Today. 2001;21(7):516–25.
10. Syafi’i A, Marfiyanto T, Rodiyah SK. Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan. 2018;2 (2):115.
11. Nanda VS. Hubungan Kebiasaan Belajar dan Keaktifan Berorganisasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Tahun Ketiga Fakultas Kedokteran Universitas Lampung ; 2017.
12. Ramly N, Muljono P, Afendi FM. Faktor – faktor yang Berpengaruh Terhadap Self Directed Learning Readiness dan Prestasi Akademik. Jurnal Kependidikan. 2018;2(1):153-166.
13. Deyo ZM, Huynh D, Rochester C, Sturpe DA, Kiser K. Readiness for Self-directed Learning and Academic Performance in an Abilities Laboratory Course. 2011;75(2):2–7.
14. Ramly N, Muljono P, Afendi FM. Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Self Directed Learning Readiness dan Prestasi Akademik. Jurnal Kependidikan. 2018;2(1):153-166.
15. Sutrisno VLP. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif SMK di Kota Yogyakarta. J Pend Vokasi. 2016;6(1):111-120.
16. Ridwan M. Pengaruh Strategi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi PAI FTK UIN Ar-Raniry Angkatan 2012. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry; 2016.
17. Yuliyatun. Pengaruh Lingkungan Sosial Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas Viii Mts Al Irsyad Ngawi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta ; 2012.
18. Yuliani NF. Hubungan Antara Lingkungan Sosial Dengan Motivasi Belajar Santri Di Pesantren Madinatul Ilmi Islamiyah. Spektrum PLS. 2013;1(2):49-62
19. Ratulangi USAM, Skrispi K, Kedokteran F, Sam U, Manado R, Kleak R, et al. Kemampuan Intelligence Quotient ( Iq ) Mahasiswa Fakultas Kedokteran Program Studi Kedokteran Umum Angkatan. 2014;2(3):1-5.
20. Kurniawan B, Wiharna O, Permana T. Studi Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Listrik dasar Otomotif. Journal of Mechanical Enginering Education. 2017;4 (2):157-162.
21. Ratnasari IW. Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Pada Siswa-siswi SMA Negeri 11 Samarinda). e-journal Psikologi FISIP Unmul. 2017;5(2):400-405
22. Opod H, Pali C. Gambaran Minat dan Prestasi Belajar Mahasiswa Kedokteran Semester 2 Angkatan. 2015;4-111.
23. Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana. Panduan Akademik Fakultas Kedokteran 2017/2018. Universitas Nusa Cendana Kupang; 2017

PlumX Metrics

Published
2021-11-01
How to Cite
Baptista, Y., Setianingrum, E., Dedy, M., & Kareri, D. (2021). Hubungan Self Directed Learning Readiness Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana. Cendana Medical Journal, 9(2), 207 - 215. https://doi.org/10.35508/cmj.v9i2.5967

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.