Hubungan Ketergantungan Smartphone Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Preklinik Fakultas Kedokteran
Abstract
Smartphone merupakan alat komunikasi yang sangat populer saat ini, dan kepemilikannya sudah merupakan kebutuhan. Mahalnya harga textbook kedokteran disertai bentuk fisik yang besar sangat tidak praktis sehingga mahasiswa mulai beralih menggunakan ebook melalui smartphone. Selain itu, smartphone juga digunakan untuk mempelajari materi kuliah, membaca slide presentasi, dan mendengarkan rekaman dosen saat mengajar. Penggunaan smartphone secara berlebihan menyebabkan ketergantungan. Dampak buruk ketergantungan smartphone berupa nomophobia, yaitu perasaan cemas apabila dijauhkan dari smartphone. Hal ini harus segera diatasi karena dapat menyebabkan berbagai efek seperti menurunnya konsentrasi mahasiswa, juga berkaitan dengan rendahnya prestasi belajar yang memicu terjadinya depresi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan ketergantungan smartphone terhadap tingkat kecemasan pada mahasiswa preklinik FK Undana. Metode penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan rancangan cross sectional pada mahasiswa preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana angkatan 2017, 2018, dan 2019. Sebanyak 80 responden yang memenuhi kriteria inklusi diminta mengisi kuesioner Smartphone Addiction Scale (SAS) dan kuesioner Hamilton Anxiety Scale (HARS). Penelitian ini dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji spearman. Hasil penelitian ini responden yang memiliki ketergantungan rendah sebanyak 2 orang (2,5%), ketergantungan sedang sebanyak 55 orang (68,8%), dan ketergantungan tinggi sebanyak 23 orang (28,8%). Sebanyak 49 (61,3%) responden tidak mengalami kecemasan, 19 (23,8%) responden mengalami kecemasan ringan, 7 (8,8%) responden mengalami kecemasan sedang, dan 5 (6,3%) responden mengalami kecemasan berat. Tidak terdapat responden yang mengalami kecemasan panik. Terbukti adanya hubungan bermakna antara ketergantungan smartphone terhadap tingkat kecemasan dengan p=0,006 (p<0,05) serta r=0,305. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ketergantungan smartphone memiliki hubungan yang bermakna dengan tingkat kecemasan.
Downloads
References
2. Kementerian Informasi dan Komunikasi RI . Survey penggunaan TIK. Jakarta. Balai Penelitian dan Pengembangan Sumbee Daya Manusia 2017.
3. Jung, W. and Yim, H. The Effects of Cognitive Functions of Smartphone Users on their Behavioral Intention. Advanced Science and Technology Letters. 2014; 63: pp. 183–186. doi: 10.14257/astl.2014.63.40.
4. Al-Barashdi, H., Bouazza, A. and Jabur, N. Smartphone Addiction among University Undergraduates: A Literature Review. Journal of Scientific Research and Reports. 2015; 4(3): pp. 210–225.
5. Tran, D. Classifying Nomophobia as smart-phone Addiction Disorder. UC Merced Undergraduate Reasearch Journal. 2016; 9(1): 1-22.
6. O'Brien, C. Addiction and dependence in DSM‐V. Addiction. 2011; 106(5): 866-867.
7. Pavithra MB, Madhukumar, S., TS., & MM. A study on Nomophobia-mobile phone dependence, among students of a medical college in bangalore: National. Journal of Community Medicine. 2015; (6): 340-341.
8. Demirci, K., Akgönül, M. and Akpinar,
Relationship of smartphone use severity with sleep quality, depression, and anxiety in university students. Journal of Behavioral Addictions. 2015; 4(2): pp. 85–92
9. Palupi D, Sarjana W, et. al. Hubungan Ketergantungan Smartphone terhadap Kecemasan pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Diponegoro. Jurnal Kedokteran Diponegoro. 2018.
10. Primadiana D. B., Nihayati H. E., et. al. Hubungan Smartphone Addiction Dengan Kecemasan Sosial Pada Remaja. Psychiatry Nursing Journal (Jurnal Keperawatan Jiwa). 2019; 1(1).
11. Sandjaja, A., Sarjana, W., et. al. Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Dengan Tingkat Sugestibilitas Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Tahun Pertama. Jurnal Kedokteran Diponegoro. 2017; 6(2): pp235-243
12. Chandratika, D., & Purnawati, S. Gangguan Cemas Pada Mahasiswa Semester I dan VII Program Studi
Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.
13. Cutino, C. M., & Nees, M. A. Restricting mobile phone access during homework increases attainment of study goals. Mobile Media & Communication. 2017; 5(1): pp63-79.
14. Aguilera-Manrique, G., Márquez-Hernández, V. V., AlcarazCórdoba, T., Granados-Gámez, G., Gutiérrez-Puertas, V., & Gutiérrez-Puertas, L. The relationship between nomophobia and the distraction associated with smartphone use among nursing students in their clinical practicum. PLoS ONE. 2018.
15. Yıldız Durak, H. What Would You Do WithoutYourSmartphone?
Adolescents’ Social Media Usage,
Locus of Control, and Loneliness as a Predictor of Nomophobia. Addicta: The Turkish Journal on Addictions. 2018; 5(3): pp 1–16
Copyright Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.