Efektivitas Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana
Abstract
Kebijakan belajar dari rumah (pembelajaran jarak jauh) merupakan penerapan dari physical distancing yang merupakan salah satu bentuk pencegahan penyebaran infeksi COVID-19. Karakteristik pembelajaran jarak jauh yang berbeda dengan pembelajaran tatap muka, mengharuskan mahasiswa untuk beradaptasi dengan metode pembelajaran yang baru. Pembelajaran jarak jauh menuntut kemandirian mahasiswa dalam belajar, dimana belajar mandiri membutuhkan motivasi untuk belajar dari mahasiswa. Dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh tentunya akan ditemui beberapa kendala, sehingga kendala-kendala tersebut dapat mempengaruhi motivasi belajar dari mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pembelajaran jarak jauh selama pandemi COVID-19 terhadap motivasi belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana. Metode penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 140 responden. Pengumpulan data menggunakan kuisioner untuk mengukur pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dan tingkat motivasi belajar. Analisis data yang digunakan adalah uji korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian dari 140 responden, didapatkan 7,9% dari mahasiswa memiliki motivasi belajar yang sangat tinggi, 50,7% motivasi belajar tinggi, 38,5% motivasi belajar sedang, 2,9% motivasi belajar rendah, dan tidak ada mahasiswa dengan motivasi belajar sangat rendah (0%). Rata-rata pelaksanaan pembelajaran jarak jauh pada mahasiswa kedokteran telah berjalan cukup baik. Hasil uji analisis bivariat pada penelitian ini diperoleh hasil p=0,000 (p<0,005). Kesimpulan Terdapat hubungan yang signifikan antara pembelajaran jarak jauh selama pandemi COVID-19 dengan motivasi belajar pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana.
Downloads
References
2. World Health Organization. Coronavirus Disease 2019 Situation Report–94 [Internet]. WHO. 2020 [cited 13 June 2020]. Available from: https://www.who.int/docs/defa ltsource/coronaviruse/situatio nreports/20200423-sitrep-94- covid-19.pdf?sfvrsn= 8304bf0_4.
3. World Health Organization. Weekly Operational Update on COVID-19 [Internet]. WHO. 2020 [cited 09September 2020]. Available from: https://www.who.int/docs/defa ultsource/coronaviruse/situatio nreports/wou-4-september-2020-approved.pdf?sfvrsn = 91215c78_2.
4. World Health Organization. Coronavirus Disease (COVID-19) Advice for The Public[Internet]. Geneva: World HealthOrganization. 2020 [cited 13 June 2020]. Available from: https://www.who.int/emergenci es/diseases/novel-coronavirus- 2019/advi.
5. Institute of Medicine (US) Forum on Microbial Threats. Ethical and Legal Considerations in Mitigating Pandemic Disease: Workshop Summary. National Academies Press (US). 2007.
6. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID- 19). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI. 2020. 1-136.
7. Pratiwi EW. Dampak COVID- 19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di Sebuah Perguruan Tingggi Kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan. 2020;34(1):1-8.
8. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 7. Surat Edaran Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19) di Perguruan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. [Internet]. Jakarta: 2020. Available from:
http://IIdikti3.Kemdikbud.go.id /v6/wp-content/uploads/2020/04/Surat- Edaran-Direktorat-Jenderal- Pendidikan-Tinggi- Kemdikbud-Nomor-1-Tahun- 2020-3.pdf
9. Darmayanti T, Setiani MY, Oetojo B. E-learning Pada Pendidikan Jarak Jauh: Konsep yang Mengubah Metode Pembelajaran di Perguruan Tinggi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. 2007;8(2):99-113.
10. Kurniawan A, Fadloli. Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Terbuka Terhadap Pentingnya Motivasi Belajar dalam Kegiatan Tutorial. Prosiding Seminar Nasional Pendidikn Sains (SNPS). 2016:95-112.
11. Masni H.Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar. Dikdaya. 2015;5(1):1-12.
12. Harahap ACP, Harahap DP, Harahap SR. Analisis Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19. J Kaji Konseling dan Pendidik. 2020;3(1):10–4.
13. Firman, Rahman SR. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES). 2020;2(2):81-89.
14. Aurora A, Effendi H. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. Jurnal Teknik Elektro dan Voasional (JTEV). 2019;5(2):11-6.
15. Anwar AI, Prabandari YS, Emilia O. Motivasi dan Strategi Belajar Siswa dalam Pendidikan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Collaborative Learning di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia. 2013;2(3):233-9.
16. Sari MI, Lisiswanti R, Oktaria D. Pembelajaran di Fakultas Kedokteran: Pengenalan bagi Mahasiswa Baru. JK Unila. 2016;1(2):399-403.
17. Prabamurti GA. Analisis Faktor-Faktor Pemicu Level Stress Akademik Mahasiswa Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2019.
18. Catur MMSP, Rahmatika A, Oktaria D. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Prestasi Akademik pada Mahasiswa Kedokteran Tahap Preklinik. JIMKI. 2018;6(2);109-16.
19. Putri RM, Oktaviani AD, Utami AS, Maturrohman N, Addiina HA, Nisa Hubungan Pembelajran Jarak Jauh dan Gangguan Somatoform dengan Tingkat Stres Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Perilaku dan Promosi Kesehatan: Indonesian Journal of Health Promotion and Behavior. 2020;2(1):38-45.
20. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Penetrasi dan Profil Pengguna Internet Indonesia. Indonesia Internet Service Provider Association. 2018.
21. Sekretaris Jenderal. Petunjuk Teknis Bantuan Kuota Data Internet. Peraturan Sekretaris Jenderal No 14 tahun 2020.
22. Pala MGT. Hubungan Study from Home terhadap Tingkat Stres Mahasiswa Kedokteran saat Pandemi COVID-19 di Nusa Tenggara Timur [skripsi]. Kupang: Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana. 2020.
23. Dewi L. Hubungan Persepsi terhadap Metode Pembelajaran Daring dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara selama Pandemi COVID-19 [skripsi]. Medan: Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara. 2021.
24. Lisiswanti R, Sanusi R, Prihatiningsih TS. Hubungan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Kedokteran. Jurnal pendidikan Kedokteran Indonesia. 2015;4(1):1-6.
25. Muttaqien MI. Gambaran Motivasi Belajar Mahasiswa Kedokteran Universitas Andalas selama Pandemi COVID-19 [skripsi]. Padang: Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang. 2020.
26. Putri ND. Hubungan antara Gaya Belajar dan Minat Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMK Candabirawa Pare. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri. 2018:1-8.
27. Dalyono. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 2005.
28. Dimyati, Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. 2013.
29. Sukiyasa K, Sukoco S. Pengaruh Media Animasi terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi. 2013;3(1):126-37.
30. Sur WAA, Hasanah M, Mustofa MR. Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa dengan Sistem Pembelajaran Daring selama Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Equation. 2020;3(2):157-71.
Copyright Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.