KORELASI KEEFEKTIFAN DISKUSI TUTORIAL DAN KINERJA TUTOR TERHADAP NILAI UJIAN BLOK PADA MAHASISWA PREKLINIK FK UNIVERTAS NUSA CENDANA
Abstract
Kurikulum FK UNDANA, mengacu pada SN-DIKTI Tahun 2015 dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Capaian pembelajaran setiap blok dapat dicapai melalui strategi pembelajaran yang mengacu pada penerapan prinsip Student centered, Problem based, Integrated, Community based, Elective, and Sistematic. Salah satu metode pembelajaran yang menerapkan prinsip problem-based learning (PBL) adalah tutorial, dalam tutorial terdapat seorang tutor yang mengarahkan jalannya suatu diskusi tutorial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui korelasi keefektifan diskusi tutorial dan kinerja tutor terhadap nilai ujian blok pada mahasiswa preklinik FK UNDANA. Metode penelitian adalah analitikal observasional dengan rancangan cross sectional menggunakan kuesioner google form. Jumlah sampel 225 responden dari semester 3, 5, dan 7 yang memenuhi kriteria inklusi. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Analisis data secara univariat dan bivariat menggunakan uji korelasi Spearman pada α=0,05. Hasil penelitian rata-rata keefektifan diskusi tutorial sebesar 3,49, lalu rata- rata kinerja tutor sebesar 4,22, serta rata-rata nilai ujian blok pada 3 blok adalah sebesar 73,39. Ada hubungan bermakna dari keefektifan diskusi tutorial dan nilai ujian blok, tidak ada hubungan bermakna dari kinerja tutor dan nilai ujian blok. Kesimpulan penelitian ini, ada hubungan yang bermakna (p=0,015) antara keefektifan diskusi tutorial dengan nilai ujian blok pada mahasiswa preklinik FK UNDANA. Tidak ada hubungan yang bermakna (p=0,078) antara kinerja tutor dengan nilai ujian blok pada mahasiswa preklinik FK UNDANA.
Downloads
References
2. Konstruktif P. Tingkat Pelaksanaan Problem-Based Learning di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Berdasarkan Pembelajaran Konstruktif, Mandiri, Kolaboratif, dan Kontekstual. J Pendidik Kedokt Indones Indones J Med Educ. 2013;2(1):44–61.
3. Murti B. Kurikukulum Berbasis Kompetensi Dan Problem-Based Learning. 2015;1–9.
4. Susanti PFE, Lisiswanti R, Soleha TU, Saputra O, Okyafany. Hubungan Kualitas Skenario Terhadap Keefektifan Diskusi Problem- Based Learning ( PBL ) Blok Emergency Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung The Relationship of Quality Scenario To Effectiveness Of The Problem- Based Learning ( PBL ) Disc. Medulla [Internet]. 2017;7(4):157–63. Available from: http://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/medula/article/view/1768
5. A. Fitri. Penerapan Problem-Based Learning (PBL) dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jmj [Internet]. 2016;4(1):95–100. Available from: dwifitri.amelia@yahoo.co.id%0AAbstrak
6. Oktafany. Hubungan Kinerja Tutor Dengan Kegiatan Belajar Mandiri dan Pelaporan Hasil Belajar Mandiri Dalam Diskusi Problem Based Learning di Fakultas Kedokteran universitas Lampung. 2016;3.
7. Izza L, Purhadi O, Anisa R, Firmansyah M. Correlation Between Scenario Quality and Tutorial Discussion. 2020;(0341):1–11.
8. Schmidt HG, Moust JHC. Processes That Shape Small-Group Tutorial Learning: A Review of Research. Annu Meet Am Educ Res Assoc [Internet]. 1998;1–21. Available from: http://eric.ed.gov/?id=ED419792
9. Pioh VE, Mewo Y, Berhimpon S. Efektivitas kelompok diskusi tutorial problem based learning di Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. J e-Biomedik. 2016;4(1).
10. Akbar R, Widjaja Y. Efektivitas diskusi problem based learning di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Tarumanagara Med J. 2019;2(1):160–6.
11. Martina I. Hubungan Kinerja Tutor dan Kualitas Kasus Skenario Terhadap Keefektifan Kelompok Pada Metode Belajar Problem Based Learning IJEMC. J Pendidik dan Pelayanan Kebidanan Indones [Internet]. 2016;3(2):1–7. Available from: http://ijemc.unpad.ac.id/ijemc/article/view/9
12. Singaram VS, Vleuten CPM Van Der, Berkel H Van, Diana H, Dolmans JM, Singaram VS, et al. Reliability and validity of a Tutorial Group Effectiveness Instrument Reliability and validity of a Tutorial Group Effectiveness Instrument. 2010;
13. Manoppo AJ. Keterlibatan Kognitif Pada Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Klabat. Nutr J. 2020;4(2):51.
14. Nugroho MWS, Firmansyah M, Anisa R. Korelasi Kinerja Tutor dan Motivasi Belajar Mahasiswa dengan Prestasi Akademik Fakultas Kedokteran. J Community Med. 2021;9(1):1–9.
15. Shafira NNA, Fitri AD. Penilaian Keefektifan Kelompok Diskusi Tutorial Mahasiswa Kedokteran Universitas Jambi Menggunakan Tutorial Group Effectiveness Instrument. JAMBI Med J “Jurnal Kedokt dan Kesehatan.” 2020;8(1):85–93.
16. ISYHADUUL ISLAM M. HUBUNGAN ANTARA KINERJA TUTOR DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DALAM TUTORIAL PBL [Internet]. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. 2013. Available from: http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/6651
17. Igananda CI. Fasilitator Terhadap Keefektivan Diskusi. J Educ Innov. 2017;4:8–15.
Copyright (c) 2022 Cendana Medical Journal (CMJ)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.